spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ketua KPU Kukar Pastikan Partisipasi Pemilih di Kukar Lampaui Target Nasional

TENGGARONG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartamegara (Kukar) pastikan tingkat prtisipasi pemilih Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Kukar lampaui target nasional. Keterangan ini disampaikan oleh Ketua KPU Kukar, Purnomo pada Senin (19/2/2024).

Ia mengatakan, pihaknya belum dapat menyebutkan secara detail, seberapa persen tingkat partisipasi pemilih di Kukar. Namun Purnomo memastikan, partisipasi pemilih di Kukar melampaui target nasional, yakni 77,5 persen.

“Meskipun kami belum dapat data pastinya, akan tetapi kami optimis target nasional 77,5 persen dalam partisipasi pemilih telah tercapai,” Sebutnya.

Bukan tanpa alasan, realiasasi angka tersebut diungkapkannya merujuk pada tingginya antusiasme masyarakat pada Pemilu kali ini. Berdasarkan pantauannya, di 2.269 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 20 kecamatan dan termasuk 5 TPS khusus yang berada di di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas AII Tenggarong dan Lapas Perempuan dan Anak di Kelurahan Melayu, semianya ramai diserbu pemilih yang ingin mencoblos.

“Kami yakin karena pada Pemilu 2024 ini lebih ramai dari sebelumnya. Melihat animo masyarakat yang datang ke TPS, partisipasi pemilih ini pasti melebihi target nasional,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Rinda Desianti menyebutkan hal senada. Jika mengacu pada persentase Pemilu 2019 di Kukar, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 81, 24 persen.

“Kita berharap Pemilu tahun ini bisa melebihi dari apa yang sudah dicapai pada tahun 2019 lalu,” ujar Rinda.

Ia juga menegaskan, pelaksanaan Pemilu kali ini berjalan dengan kondusif. Berdasarkan laporan camat se-Kukar, Rinda mengatakan situasi di lapangan berjalan lancar. Mulai dari pendistribusian logistik sampai dengan pemungutan suara tidak ditemukan kendala yang berarti.

“Situasi Pemilu di Kukar cukup kondusif dan berjalan lancar, mulai dari proses pemungutan dan perhitungan suara,” pungkasnya.

Penulis : Ady Wahyudi
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img