spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Keren, Universitas Mulawarman Borong 3 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Anugerah Diktiristek 2023, di Grand Sheraton Hotel, Gandaria City, Jakarta, Rabu (13/12/2023) malam.

Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemangku kepentingan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi yang telah mendukung program dan kebijakan Ditjen Diktiristek untuk mewujudkan transformasi pendidikan tinggi.

Pada malam Anugerah Diktiristek 2023,  hampir 500 penghargaan diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), mitra perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri, kementerian/lembaga, serta para jurnalis dan media.

Terdapat 10 subpenghargaan yang diberikan yang meliputi Anugerah Prioritas Nasional; Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek; Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Anugerah Sumber Daya; Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, dan Pengabdian kepada Masyarakat; Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi; Anugerah Humas; Anugerah Kerja  Sama; serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Menariknya, Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kalimantan Timur yang memborong penghargaan di ajang tahunan gelaran Kemendikbudristek tersebut.

BACA JUGA :  Resmi, PSI Bergabung dalam Koalisi Prabowo-Gibran

Bagian Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman (Humas Unmul) berhasil meraih Gold Winner pada Anugerah Humas kategori PTN-BLU sub kategori media sosial.

Kemudian, Unit Layanan Terpadu (ULT) Unmul juga berhasil meraih Gold Winner pada Anugerah Humas kategori PTN-BLU sub kategori ULT. Sedangkan Bagian Kerja Sama berhasil mendapatkan Silver Winner pada Anugerah Kerja Sama kategori PTN-BLU sub kategori Laporan Kerja Sama Terbaik.

Penghargaan tersebut diterima oleh Rektor yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Sub Koordinator Humas UNMUL, Sigit Hadi Suyitno.

Rektor Unmul, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., menyampaikan selamat dan sukses atas raihan prestasi yang membanggakan dalam Anugerah Diktiristek Kemendikbudristek tahun 2023 kepada Bagian Kerja Sama Unmul untuk Laporan Kerja Sama Terbaik.

“Kedua, untuk ULT Unmul yang meraih Gold Winner dan yang ketiga Bagian Humas UNMUL meraih Gold Winner untuk media sosial,” ungkap Abdunnur.

Apresiasi, penghargaan, lanjut Rektor, dan ucapan terima kasih turut disampaikan kepada Ketua, Koordinator, Sub Koordinator dan seluruh staf dan Bagian Kerja Sama Unmul, Unit Layanan Terpadu (ULT) Unmul dan Bagian Humas Unmul  atas kinerja dan kerja keras yang telah dilakukan.

BACA JUGA :  Dari Bawaslu ke Ruang Kuliah
Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam.

“Sehingga meraih penghargaan dan prestasi tertinggi dalam Anugerah Diktiristek Kemendikbudristek tahun 2023. Unmul sangat berbangga atas capaian tersebut,” tutur Abdunnur.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti dalam sambutannya menegaskan bahwa upaya untuk mewujudkan transformasi pendidikan tinggi ini tidak akan tercapai tanpa dukungan dari berbagai pihak.

“Kolaborasi antara perguruan tinggi, industri, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, media, dan masyarakat sangat penting dalam membangun sumber daya manusia yang unggul melalui Kampus Merdeka,” terang Suharti.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam mengungkapkan transformasi pendidikan tinggi selama 4 tahun ini telah berlangsung dengan akseleratif dan mulai bisa dirasakan hasilnya.

“Melalui program transformasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, telah kita lihat kedekatan hubungan kampus dan dunia usaha dunia industri semakin erat. Selain itu kerja sama baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat telah menetaskan banyak hasil yang dirasakan oleh masyarakat dan dunia usaha dunia industri,” ujar Nizam.

Berkat hasil keras tersebut, lanjut Nizam, menurut Global Innovation Index 2023, indikator untuk kolaborasi antara kampus dan industri dalam riset dan pengembangan mengalami kenaikan menjadi peringkat ke-5 di dunia. Selain itu, berdasarkan laporan INSEAD, selama lima tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan daya saing talenta tertinggi di Asia dan kedua di dunia.

BACA JUGA :  Wahid Ditemukan Tewas Mengambang Dua Hari setelah Dilaporkan Hilang

“Tentu saya yakin program Kampus Merdeka berkontribusi dalam capaian tersebut. Oleh karena itu, pada malam hari ini kami berikan apresiasi kepada perguruan tinggi dan mitra atas kolaborasi yang telah dilakukan,” kata Nizam.

Nizam juga mengapresiasi peran dari media dan jurnalis yang sangat penting dalam memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat, menjadi kontrol dari kinerja pemerintah, dan juga menjadi penebar kabar baik terkait pendidikan tinggi, riset, dan teknologi.

“Dengan adanya penghargaan ini, semoga dapat meningkatkan semangat para mitra dalam memasuki tahun 2024 dengan semangat yang semakin tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Nizam.

Pewarta : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img