spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kepala BPSDM: Manajemen Bencana Jadi Tanggung Jawab Bersama


SAMARINDA – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nina Dewi menjelaskan pentingnya manajemen bencana tidak dapat dianggap remeh. Karena menyangkut keselamatan nyawa umat manusia.

Hal ini disampaikan oleh Nina Dewi saat memberikan sambutan  membuka Pelatihan Manajemen Bencana, di Aula Utama Kantor BPSDM Kaltim Jalan HM Rifadin Samarinda Seberang beberapa waktu lalu.

“Manajemen bencana tidak bisa diabaikan di seluruh  dunia. Kita sering kali dihadapkan pada berbagai jenis bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, dan banyak lagi. Selain itu, ada juga bencana buatan manusia seperti kecelakaan industri dan konstruksi,” ungkapnya.

Mempersiapkan diri sejak dini, ujar Nina sangat penting dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam manajemen bencana adalah langkah yang bijak untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa manajemen bencana adalah tanggung jawab bersama. Semua individu, komunitas, dan pemerintah memiliki peran penting, dalam menjaga alam agar terhindar dari bencana alam,” ujarnya.

BACA JUGA :  Isran Noor, Sang Pejuang Tenaga Honorer Kaltim

Ilmu pengetahuan tentang manajemen bencana  diperlukan untuk berkontribusi secara positif dalam upaya manajemen bencana di wilayah kita masing-masing dan akan memberikan gambaran yang komprehensif bagi para peserta diklat mengenai penyelenggaraan penanggulangan bencana di Indonesia.

Nina yakin bahwa semua peserta akan keluar dari pelatihan ini dengan pengetahuan baru yang berharga dan perspektif yang lebih luas tentang manajemen bencana namun tidak kalah pentingnya. Dia juga tetap berharap bahwa pemerintah provinsi tidak akan pernah menghadapi situasi darurat serius nantinya.

“Namun, dengan persiapan yang baik, kita akan siap untuk menghadapi apapun yang mungkin terjadi. Saya berharap pelatihan dasar manajemen bencana ini akan menjadi langkah pertama dalam perjalanan kita untuk menjadikan masyarakat kita lebih aman dan lebih tangguh dalam menghadapi bencana,” tutupnya.(Han/ADV/BPSDM)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img