spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KemenPUPR: 66 Tower Rusun ASN di IKN Harus Selesai Tahun Depan

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  mengungkapkan proyek pembangunan 66 tower rumah susun untuk ASN dan Pertahanan Keamanan di Ibu Kota Negara Nusantara dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) harus selesai pada tahun depan.

“Rusun tersebut ditargetkan selesai (2024) karena memang mau dimanfaatkan,” ujar Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Haryo Bekti Martoyoedo di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Dia mengatakan bahwa proyek pembangunan 66 tower rusun ASN dan Hankam di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut yang mana 6 tower digarap oleh PT Summarecon Agung Tbk dan 60 tower lainnya digarap oleh Konsorsium CCFG China.

Kementerian PUPR menargetkan agar pembangunan rusun ASN dan Hankam dengan skema KPBU selesai bersamaan dengan pembangunan rusun ASB dengan skema APBN pada tahun depan. Rusun ASN dan Hankam skema KPBU ini juga harus layak huni dan fully furnished.

Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, saat ini Kementerian PUPR saat ini sedang mengkaji studi kelayakan dari kedua investor swasta tersebut, seperti aspek teknisnya.

BACA JUGA :  Cegah Korupsi, Panitia SNPMB Minta KPK Kawal Penerimaan Jalur Mandiri di PTN

“Mereka sudah memasukkan studi kelayakannya, kemudian saat ini sedang dikaji,” katanya.

Kementerian PUPR menargetkan kajian terhadap studi kelayakan kedua investor swasta tersebut selesai pada September tahun ini.

Pembangunan 66 tower Rusun ASN dan Hankam di IKN dengan skema KPBU tersebut harus tetap memenuhi desain dasar dari Kementerian PUPR, terutama terkait luas unit rusun yang ditetapkan dengan standar luas 98 m2. Sedangkan untuk Detail Engineering Design atau DED dapat dikembangkan oleh kedua investor swasta tersebut.

Sebagai informasi, periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, dengan menuntaskan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, gedung-gedung pemerintahan dan perumahan, juga pemindahan ASN tahap awal. (Ant/MK)

Pewarta : Suharsana Aji Sasra J C
Editor : Nurul Aulia Badar

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img