spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kembangkan Kualitas Naker Lokal, Disnakertrans Rutinkan Job Fair

TANJUNG REDEB – Peningkatan kualitas tenaga kerja lokal terus digenjot Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Pj Kepala Disnakertrans Berau, Muhammad Said mengatakan, peningkatan kualitas tenaga kerja lokal itu bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap kerja, sesuai dengan bidang yang diminati para pencari kerja.

“Peningkatan kualitas itu kami upayakan melalui kegiatan job fair atau bursa kerja, rencananya kegiatan tersebut akan kami rutinkan tiap tahun agar maksimal,” ungkapnya, Jumat (23/6/2023).

Dia membeberkan, bidang yang paling diminati para pencari kerja adalah perkebunan dan pertambangan. Sebab, kata Said, kedua sektor tersebut dinilai sangat menjanjikan.

“Apalagi perkebunan dan pertambangan di Berau ini sering membuka lowongan pekerjaan, makanya kami siapkan SDM yang siap kerja di kedua bidang tersebut,” tuturnya.

Meski begitu, Disnakertrans Berau juga mempersiapkan pelatihan kerja pada sektor lain. “Supaya bisa melengkapi kebutuhan kerja yang ada di lapangan,” imbuhnya.

Said menegaskan, pihaknya selalu siap menjadi penghubung untuk mempertemukan antara perusahaan dengan para pencari kerja.

BACA JUGA :  Ringankan Beban Korban Kebakaran, Wabup Gamalis Salurkan Bantuan

“Hal itu melalui bursa kerja yang kami adakan, jika perlu dalam satu tahuni kita gelar beberapa kegiatan tersebut, agar peluang kerja semakin terbuka,” terangnya.

Selain mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan, Said memaparkan bahwa tugas pihaknya tak hanya sampai disitu saja, melainkan juga mengatasi persoalan yang terjadi.

“Semisal ada terjadi perselisihan antara pekerja dengan perusahaan, itu juga menjadi tugas kami untuk mengatasinya, selainnya kami mempersiapkan tenaga kerja sesuai dengan keahliannya,” jelasnya.

“Maka dari itu, saya harap ada transparansi dari pihak perusahaan dalam membuka peluang usaha kepada masyarakat Kabupaten Berau,” tambahnya.

Dirinya menyebut, di kabupaten paling utara Kaltim ini ada 100 perusahaan yang berperan dalam kegiatan bursa kerja tersebut. Said berharap kedepannya dapat menyiapkan tenaga kerja lokal yang siap kerja.

“Karena di Berau ini cukup banyak perusahaan. Semoga saja pada bulan Agustus ataupun September nanti kita adakan kembali,” katanya.

Sementara, Bupati Berau, Sri Juniarsih menekankan agar perusahaan yang berperan dalam kegiatan job fair tersebut dapat memberdayakan tenaga kerja lokal.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kapasitas Pelatihan Pelatih di Kukar, Dispora Undang Narasumber ATOR

“Tetapi penyerapannya tentu sesuai dengan keterampilan yang dimiliki para pencari kerja, saya harap perusahaan yang ada dapat memperhatikan hal ini agar dapat menekan angka pengangguran di Berau,” tegasnya.

Ia berpesan kepada pihak perusahaan untuk berkontribusi mengurangi angka pengangguran di Bumi Batiwakkal. Sebab, kata Sri, persoalan tersebut menjadi masalah yang cukup serius.

“Melalui kegiatan Job Fair atau bursa kerja yang diadakan Disnakertrans itu saya harap dapat mengurangi angka pengangguran. Yang paling penting adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img