spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kelurahan Tanjung Laut Bantu Warga lewat Jumat Berkah

BONTANG – Jumat Berkah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan, Kalimantan Timur, untuk membantu warganya yang sakit dan kurang mampu. Kegiatan ini smdilakukan sejak akhir Januari 2022.

Adapun biaya diberikan oleh ASN maupun TKD Bontang. Yang mana setiap keluarga kurang mampu bisa mendapat tunjangan Rp 1.000.000 per orang. Artinya, jika dalam satu keluarga terdapat lima orang, maka akan mendapatkan Rp 5000.000.

Dana bantuan itu akan dibelikan sembako atau kebutuhan kesehatan.

“Dana akan dikumpulkan pada hari Kamis, lalu pada Jumat pagi akan dibelanjakan. Sebelum turun ke lokasi, biasanya kami akan menghubungi RT setempat dahulu, agar RT bisa ikut mendampingi.” jelas Sekretaris Lurah Tanjung Laut, Andi Alamsyah.

Sebelum melakukan pemberian sembako dan alat-alat kesehatan, 38 RT di Tanjung laut selalu didata ulang oleh kelurahan. Kemudian, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PKT akan melakukan survei dengan mendatangi rumah warga untuk mencatat apa saja kebutuhan yang diperlukan.

Seperti membelikan tongkat, kursi roda atau uang tunai untuk biaya pengobatan. Penyerahan sembako atau alat kesehatan biasanya dilakukan dua minggu sekali.

Program lain yang baru mulai dilaksanakan pada Agustus adalah santunan untuk anak yatim berupa sembako. Santunan anak yatim ini dilakukan setiap sebulan sekali.

“Namun, jika dananya mencukupi, kami akan menambah lagi volume untuk anak yatim yang kita santuni.” kata Alamsyah. (sya)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img