spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kasmidi Harap Duta Kutim Jadi Jembatan Kenalkan Wisata dan Budaya Daerah

SANGATTA– Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang membuka Pemilihan Duta Budaya di Ruang Meranti, Pemkab Kutim, Kamis (23/6/2022). Wabup meminta para peserta yang sudah terpilih agar bertanggung jawab, khususnya sebagai duta daerah agar nantinya menjadi jembatan dalam mengenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Kutim.

“Sebagai seorang duta budaya yang baik, adik-adik tentunya harus menjiwai nilai-nilai budi pekerti, kepribadian yang baik, serta memiliki wawasan, sikap, serta rasa nasionalisme yang tinggi,” ujar Kasmidi dihadapan peserta Pemilihan Duta Budaya.

Dikatakan KB (sapaan akrabnya), menjadi seorang duta harus mencerminkan sikap sebagai bagian dari masyarakat Kutim.

“Artinya, selain menjadi ikon untuk pemuda dan pemudi di daerah ini, yang berbudi bahasa serta cantik, molek dan gagah, adik-adik juga diharapkan mampu menyebarkan pesan positif dari kebudayaan masyarakat Kutim. Tampil dengan wawasan yang luas serta memiliki kepribadian yang baik,” harapnya.

Oleh karenanya, dalam membangun Kabupaten Kutim harus diimbangi peningkatan nilai-nilai agama dan budaya menuju masyarakat yang berkarakter, menjadi salah satu harapan dalam meningkatkan sinergi bersama lembaga pendidikan, lembaga adat, penggiat seni, budaya, dan elemen lainnya.

BACA JUGA :  Isran Noor Sapa Warga Bengalon dan Bagikan Sembako
Para Finalis yang mengikuti tes tertulis. (Ramlah/Media Kaltim)

Kemudian yang tak kalah pentingnya, ujar Kasmidi, internalisasi budaya dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah strategi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan potensi dan kearifan lokal guna mendukung perekonomi masyarakat.

“Harapan kami kepada para peserta Pemilihan Duta Budaya ini,  Adik-adik semua jadi pelopor generasi muda dari pengaruh negatif, juga harus memberikan contoh yang baik dalam penggunaan media sosial, dengan tidak menyebarkan berita hoaks dan kebencian,” ujarnya.

Kepada para finalis Duta Budaya Kabupaten Kutim, Kasmidi juga meminta untuk terus memperdalam ilmu yang didapat, serta membekali diri dengan wawasan seputar budaya dan pariwisata daerah. (ref)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img