spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kapolres Kubar Sebut 587 Personel Siap Amankan Pemilu 2024

KUTAI BARAT  –  Kapolres Kutai Barat (Kubar) AKBP Heri Rusyaman mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan skema pengamanan untuk menjaga agar Pemilu 2024 mendatang berjalan aman dan damai.

Sedikitnya ada  587 personel akan diterjunkan  untuk mengamankan pesta demokrasi tahun depan di wilayah Kutai Barat.

Kapolres  menjelaskankan, dari 587 personel ini tentunya tidak semua diterjunkan untuk melakukan pengamanan di lapangan. Ada sekira 200-an personel di antaranya, sebut dia, akan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selebihnya akan menjadi personel cadangan, yang standby sewaktu-waktu dibutuhkan siap diterjunkan.

Dikatakanya, intensitas pengamanan akan semakin meningkat menjelang tahapan kampanye pada 28 November 2023 mendatang.

Bersamaan dengan itu juga, Kapolres mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk saling menjaga di lingkungan masing-masing. Dan yang terpenting, adalah warga diimbau untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax.

“Cek selalu kebenarannya, jangan mudah percaya dengan berita-berita yang masih belum jelas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, dalam hal pengamanan, Polres Kubar juga dibackup dari Polda Kaltim. Selain itu, Polres Kubar juga memetakan daerah rawan konflik pada Pemilu 2024.

BACA JUGA :  Pemkab Kubar Cabut SK Yayasan Sendawar Sakti, Status Poltek Sendawar Jadi BLUD

Disebutkanya  ada TPS yang dikategorikan rawan, sangat rawan dan kurang rawan. Ada 3 TPS yang dikategorikan sangat rawan. Hal ini, dengan pertimbangan melihat beberapa pengalaman kejadian pada Pemilu-Pemilu sebelumnya.

Yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoaks dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Oleh karena itu, masyarakat perlu mewaspadai berita-berita hoaks,” tegas Kapolres.

Kapolres menjelaskan, melalui Operasi Mantab Brata Mahakam 2024 mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Sistem itu didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas.

“Kembali saya tekankan bahwa Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img