spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kampung Malahing Satu-satunya Perwakilan Kaltim di ADWI Tahun 2023

BONTANG – Kampung Malahing menjadi satu-satunya perwakilan Kalimantan Timur yang berhasil lolos ke 75 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda Olahrag dan Pariwisata (Kadispopar) Bontang, Ahmad Aznem.

Dikatakan Aznem, Bontang menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang berhasil menyumbang desa wisata masuk ke ADWI tahun 2023 kali ini. Hal ini tentunya menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Kota Taman, sebutan Kota Bontang.

“Dulu pernah ada di Maloy yang masuk tapi saya lupa nama desanya. Sekarang Kampung Malahing yang berhasil masuk. Tentu masyarakat Bontang harus berbangga dengan pencapaian ini,” ujar Aznem saat ditemui Mediakaltim.com beberapa waktu lalu.

Perkataan tersebut sesuai dengan daftar rilis 75 desa wisata dalam ADWI tahun 2023, yang telah tersebar di berbagai media. Dari seluruh daerah yang masuk, Kaltim hanya menyumbang 1 desa wisata, yaitu Kampung Malahing.

“Dari 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 peserta desa wisata ADWI dari seluruh provinsi di Indonesia tahun 2023,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terkait ajang desa wisata terbaik ini dalam video yang dibagikan pada Selasa, 21 Maret 2023, mengutip dari Liputan6.com.

BACA JUGA :  Najirah Rajin Promosikan Wisata Bontang di Pertemuan yang Dihadiri

Sandi, begitu ia akrab disapa, menambahkan rangkaian kegiatan ADWI 2023 telah melalui beragam tahapan kurasi. Proses ini berdasarkan penilaian dewan juri pada lima kategori penilaian, klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

“Mulai dari proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata, dikerucutkan menjadi 300 desa wisata hingga terpilih 75 desa wisata terbaik. Desa wisata Indonesia bangkit,” terang Sandi. (adv/al)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img