spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kaltim Berzakat 2023 Dimulai, Gubernur: Ini Kewajiban, Tak Perlu Dipaksa

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor dan Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi menghadiri acara Kaltim Berzakat 2023 yang diadakan di Gedung Olah Bebaya, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda pada Rabu, 5 April 2023.

Acara penyerahan zakat oleh gubernur, wakil gubernur, pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim serta muzakki lainnya digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh H. Sidik Amrillah, dilanjutkan dengan tausiah oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kaltim, KH Muhammad Rasyid. Selanjutnya, dilakukan penyerahan secara simbolis oleh perangkat daerah, UINSI, Kanwil Kemenag, Maybank Syariah, dan PT Migas Mandiri Pratama. Selain itu, juga dilakukan penyerahan Paket Ramadan Bahagia oleh Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat, Gubernur Isran Noor mengapresiasi kerja jajaran Baznas Kaltim serta kesadaran penuh masyarakat, khususnya hanya dalam waktu satu setengah tahun, tidak ada lagi warga yang terbilang miskin dan mau menerima zakat, sebab mereka sudah mandiri dan mampu mengelola zakatnya secara profesional, sehingga mereka tidak lagi miskin.

BACA JUGA :  Gubernur Isran Pimpin Wisuda Santri MTs dan MA Darussalam Boarding School, Momentum Kebahagiaan Para Santri

Ketua Baznas Kaltim, H. Ahmad Nabhan, menyampaikan bahwa pengumpulan dana zakat, infaq, dan sedekah pada tahun 2022 sebesar Rp8,7 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar Rp1,9 miliar dari tahun 2021 yang hanya sebesar Rp6,8 miliar.

Selain itu, saldo tahun 2021 sebesar Rp5,9 miliar dan pendistribusian sebesar Rp9,9 miliar telah disalurkan melalui lima program, yaitu program pemberdayaan ekonomi sebesar Rp4,1 miliar, kesehatan sebesar Rp711 juta, pendidikan sebesar Rp721 juta, sosial kemanusiaan sebesar Rp3,72 miliar, serta program advokasi dan dakwah sebesar Rp645 juta.

“Pendistribusian kami salurkan melalui Baznas kabupaten dan kota senilai Rp4,9 miliar,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Isran Noor membayar zakatnya di meja 3 yang diterima oleh KH Muhammad Radyid, dan Wagub Hadi Mulyadi membayar zakatnya di meja 1 yang diterima oleh H. Muhammad Haiban.

Turut hadir dalam acara ini jajaranĀ  Forkopimda Provinsi Kaltim, pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga di Kaltim, para asisten, staf ahli/staf khusus gubernur, para kepala biro, kepala perangkat daerah dan BUMD/BUMN, pimpinan perguruan tinggi, jajaran Baznas Kaltim, pimpinan PWNU dan PW Muhammadiyah, para alim ulama serta pimpinan perbankan dan swasta. (adpim/adv/diskominfokaltim)

BACA JUGA :  Syuting Film India, Wagub Tawarkan Maratua dan Museum Mulawarman
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img