spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KALEIDOSKOP CAPAIAN PEMKAB KUKAR 2023 – MEI (5)

TENGGARONG – Sejumlah pekerjaan dan realisasi dari program visi misi Kukar Idaman, dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), selama bulan Mei 2023. Mulai dari bonus kepada atlet yang berlaga di SEA Games Kamboja, pembagian bonus bagi Kafilah Kukar yang berhasil Juara Umum MTQ ke-44 Kaltim, juga realisasi Beasiswa Kukar Idaman.

Berikut sejumlah pekerjaan dan realisasi program Kukar Idaman yang dikerjakan oleh pasangan Bupati dan Wabup Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin sepanjang Mei 2023 :

1. EMPAT ATLET PERAIH MEDALI SEA GAMES KAMBOJA KANTONGI BONUS

Apresiasi diberikan Pemkab Kukar kepada 4 atelt asal Kukar yang berlaga di SEA Games ke-32 di Kamboja. Yakni masing-masing peraih medali emas Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Bola Muhammad Taufany Muslihuddin, peraih medali perunggu cabor Gulat Putri Kelas 50 Kg Annisa. Serta peraih medali perunggu untuk cabor Hockey Outdoor Putra, Jerry Effendi dan Ardam.

Bonus pun diberikan sepekan setelah kedatangan mereka berempat ke Tanah Air, yakni pada Senin (22/5/2023) malam. Bupati Edi pun mengguyur bonus sebesar Rp 100 juta untuk atlet peraih medali emas, dan medali perunggu sebesar Rp 70 juta.

Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam memberikan pembinaan dan pengembangan bibit-bibit potensial daerah. Serta pemacu semangat motivasi bagi atlet dan generasi muda untuk terus bekerja keras pantang menyerah. Bahwa prestasi bisa diraih semua kalangan masyarakat jika bersungguh-sungguh.

2. PEMKAB KUKAR BAGIKAN BONUS, SETELAH JUARA UMUM MTQ KALTIM KE-6 KALINYA

Kafilah Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengamankan predikat juara umum untuk yang ke-6 kali, dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kaltim. Hal ini pun tidak luput dari apresiasi oleh pasangan Bupati dan Wabup Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin. Yakni dengan membagikan bonus bagi hafiz dan hafizah, serta pelatih pendamping yang meraih juara.

BACA JUGA :  Ditangkap Mencuri Solar, Malah Ketahuan Bawa Sabu 

Juara 1 tak hanya mendapatkan bonus sebesar Rp 25 juta, namun akan diberangkatkan umroh oleh pemerintah daerah. Hal serupa juga diberikan oleh pelatihnya.

Kemudian juara kedua sebesar Rp 22 juta, sedangkan uara ketiga akan menerima Rp 19 juta. Besaran bonus yang diterima para juara, hal yang sama juga diberikan kepada pelatih, dan ditambah umroh secara gratis.

Menurut Edi, keberhasilan para kafilah ini tidak lepas dari peran para pelatih yang telah berkorban waktu, tenaga dan pikiran dengan penuh kesabaran membimbing anak asuhnya.

Ia menambahkan, selama ini para juara harapan tidak mendapatkan bonus. Tapi untuk tahun ini, dan mempersembahkan juara umum 6 kali berturut-turut. Pemerintah juga akan memberikan bonus dengan nominal yang berbeda-beda. Yakni untuk Juara Harapan 1 diberikan apresiasi sebesar Rp 7,5 juta, Juara Harapan 2 Rp 6 juta, dan Juara Harapan 3 sebesar Rp 4,5 juta.

3. PEMKAB KUKAR SIAPKAN PEMBANGUNAN PABRIK KELAPA SENILAI RP 4 MILIAR

Pemkab Kukar bakal siapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar, untuk pembangunan dua unit pabrik kelapa. Rencananya, pabrik tersebut bakal dibangun di wilayah pesisir, tepatnya Kecamatan Muara Jawa dan Samboja.

Pemilihan kedua lokasi ini tak terlepas dari potensi komoditi yang melimpah. Sehingga peluang itu ditangkap untuk dijadikan berbaga jenis produk turunan dari buah kelapa.

Saat ini potensi komoditas kelapa tersebut setelah diestimasikan sangatlah menjanjikan yakni sekitar 700 ton/tahun. Rata-rata buah kelapa ini belum termanfaatkan dengan baik. Harapannya dengan adanya pabrik ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

4. PROGRAM KREDIT KUKAR IDAMAN DAPAT APRESIASI OJK PUSAT

Otorita Jasa Keuangan (OJK) Pusat mengapresiasi program Kredit Kukar Idaman dalam memberikan kemudahan permodalan bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Apresiasi tersebut disampaikan oleh Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK Pusat, Edwin Nurhadi saat bertandang ke Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Rabu (24/5/2023).

BACA JUGA :  Ubah Sampah Jadi Berkah, Bank Sampah Al Hidayah Memakmurkan TPQ di Maluhu

Pemkab Kukar memang memiliki kebijakan dalam mempermudah akses permodalan bagi UMKM melalui program ‘Kredit Kukar Idaman’ tanpa anggunan atau bunga nol persen. Dimana telah menyalurkan dana kredit senilai Rp 18 miliar melalui Bankaltimtara.

Menurutnya, kemudahan akses permodalan bagi UMKM, salah satu langkah melawan rentenir yang begitu masif di masyarakat dalam menjajakan permodalannya.

5. TERIMA PENGHARGAAN DARI UWGM SAMARINDA

Penghargaan demi penghargaan terus diraih Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Kali ini penghargaan datang dari Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda, atas kerjasama program Beasiswa Kukar Idaman.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Pembina Pendidikan Mahakam, Ismet Barakbah kepada Asisten III Setkab Kukar, Totok Heru Subriti pada acara Wisuda mahasiswa UWGM ke 31, di Convention Hall Sempaja Samarinda, Rabu (31/5/2023).

Kerjasama dengan universitas, menjadi langkah pemerintah untuk memajukan pendidikan. Dimana, banyak mahasiswa UWGM asal Kukar yang melanjutan pendidikannya dari kalangan guru-guru untuk memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah. (adv)

Data Infografis :

  1. 4 Atlet Peraih Medali SEA Games Kamboja Kantongi Bonus
    • Pemkab Kukar Guyur Bonus untuk 4 atlet asal Kukar yang raih medali di SEA Games Kamboja
    • Atlet asal Kukar menyumbang 1 emas dan 3 perunggu
    • Peraih medali emas mendapat bonus Rp 100 juta, sementara untuk peraih medali perunggu masing-masing mengantongi Rp 70 juta
    • Sebagai komitmen Pemkab Kukar dalam melakukan pembinaan atlet putra daerah ke kancah internasional

2. Pemkab Kukar Bagikan Bonus, Setelah Juara Umum MTQ Kaltim ke-6 Kalinya

    • – Kafilah Kukar kembali raih Juara Umum MTQ ke-44 tingkat Kaltim, Balikpapan
      – Menjadi juara umum yang keenam kalinya secara beruntun
      – Juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp 25 juta dan berangkat umrah
      – Juara 2 mendapatkan uang sebesar Rp 22 juta dan berangkat umrah
      – Juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp 19 juta dan berangkat umrah
      – Secara berturut-turut Juara Harapan 1 hingga Juara Harapan 3, mendapatkan uang sebesar Rp 7,5 juta, Rp 6 juta dan Rp 4,5 juta
      – Selain atlet, pelatih juga mendapatkan uang dengan nominal yang sama dan berangkat umrah
BACA JUGA :  Tahun Ini Blank Spot Hilang di Kukar, Diskominfo MoU dengan PT Tunggang Parangan

3. Pemkab Kukar Siapkan Pembangunan Pabrik Kelapa Senilai Rp 4 Miliar

    • Pemkab Kukar berencana bangun pabrik kelapa di Kecamatan Muara Jawa dan Samboja senilai Rp 4 miliar
    • Dua kecamatan tersebut dinilai memiliki potensi yang besar, namun belum termanfaatkan
    • Dengan potensi produksi kelapa mencapai 700 ton/tahun, adanya pabrik ini diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat
    • Akan memproduksi produk turunan dari kelapa, tentunya meningkatkan harga jual di pasaran

4. Program Kredit Kukar Idaman Dapat Apresiasi OJK Pusat

    • Program Kredit Kukar Idaman tuai apresiasi dari OJK Pusat
    • Menyasar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
    • Program Kukar Idaman sendiri merupakan sistem permodalan dengan bunga 0 persen dan tanpa agunan
    • Pemkab Kukar sudah salurkan kredit hingga Rp 18 miliar ke UMKM di Kukar melalui Bankaltimtara
    • Upaya Pemkab Kukar untuk mencegah UMKM terjerat pinjaman rentenir

5. Terima Penghargaan dari UWGM Samarinda

    • Kerjasama bidang beasiswa pendidikan, berbuah penghargaan dari Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda
    • Penghargaan diberikan ke Pemkab bertepatan pada acara Wisuda mahasiswa UWGM ke-31
    • Upaya Pemkab Kukar memajukan pendidikan di Kukar
    • Diikuti oleh guru-guru asal Kukar untuk pemenuhan standar dari Pemkab Kukar

Penulis : Muhammad Rafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img