spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kadis DLH Bontang Raih Penghargaan Green Leadership Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah

BONTANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Heru Triatmojo, telah meraih prestasi membanggakan di penghujung tahun 2023. Bahwa dirinya telah dinobatkan sebagai Kepala DLH Kabupaten/Kota terbaik se-Indonesia.

Penghargaan yang diterima yakni Green Leadership Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin di Birawa Assembly Hall, Lantai 1, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

Heru, merupakan satu-satunya Kepala DLH dari Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah berhasil mendapatkan penghargaan. Dirinya meraih posisi pertama dengan poin 86,58. Ia mengalahkan Kepala DLH Kabupaten Jombang yang berada di urutan kedua, dan juga dengan Kepala DLH Kota Medan di urutan ketiga.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Bontang dan seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung program-program DLH Bontang. Semoga prestasi ini bisa meningkatkan kinerja kami agar semakin baik,” ucapnya.

Diketahui, penilaian penghargaan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Antara lain mengisi Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang tediri dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU) dan Indek Kualitas Lahan (IKL), serta Isian Indeks Respon yang terdiri dari Langit Biru, Kali Bersih dan Indonesia Hijau. Pengisian dilakukan melalui laman https://ppkl.menlhk.go.id/iklh

Setelah dilakukan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui isian tersebut, KLHK menjaring hingga menjadi 50 Besar. Selanjunya semuanya memaparkan capaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup secara daring dengan Ditjen PPKL KLHK yang dilakukan Rabu (22/11/2023) lalu.

Dalam pemaparan tahap pertama itu, Kepala DLH memaparkan capaian-capaian dan indikator terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Bontang beserta inovasi-inovasi yang sudah diciptakan, maupun program yang dilaksanakan oleh DLH Bontang.

Dari hasil pemaparan itu, Kepala DLH Bontang berhasil masuk dalam 10 besar. Selanjutnya, dilakukan pemaparan lebih lanjut di hadapan tim panelis, Kamis (7/12/2023) kemarin. Hasilnya, Heru berhasil meraih di peringkat pertama dalam 10 besar.

Penulis: Dwi S
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img