spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi Inginkan Hutan di IKN Kembali Jadi Hutan Hujan Tropis

BALIKPAPAN – Presiden Jokowi didampingi Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Gakum KLHK Rasio Ridho Sani, Gubernur Kaltim Isran Noor, Kapolda Kaltim Imam Sugianto dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso meninjau Persemaian Mentawir, Bukit Bengkirai, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

Kunjungan ini lebih awal dari rencana semula yang seharusnya dilaksanakan Selasa (15/3/2022) pukul 10.00 WITA. Namun kunjungan ini dilakukah Senin (14/3/2022) pukul 16.00 WITA.

“Pusat Persemaian Mentawir, Bukit Bengkirai, Samboja, Kabupaten Kutai Kerta Negara, Kaltim. Pusat persemaian ini memang belum selesai. Tapi nantinya dari tempat ini akan berproduksi lebih kurang 16-20 juta bibit pohon, pada 6-7 bulan kedepan,” ujar Presiden Jokowi, Senin (14/3/2022).

Dan inilah, katanya, yang sudah sering saya sampaikan bahwa pembangunan IKN akan kita awali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, penanaman kembali pada area-area IKN dan sekitarnya.

“Tujuannya agar kembali pada fungsinya semula yaitu Hutan Hujan Tropis, dan bukan hutan yang monokultur atau hutan homogen,” katanya.

BACA JUGA :  LPS Gelar Sayembara Desain Arsitektur Kantor Pusat di IKN, Berhadiah Rp 400 Juta

Dikatakannya, ditempat ini telah disiapkan bibit-bibit seperti nyatoh, shorea atau meranti, kapur, blangiran, gaharu dan lainnya.

“Termasuk tanaman buah termasuk jambu-jambuan, untuk menarik hewan atau burung untuk masuk lagi ke kawasan IKN,” katanya.

Jokowi mengatakan, semangat awalnya dalam pembangunan IKN adalah memang seperti ini dan diharapkan dengan penanaman kembali, maka habitat-habitat yang ada akan kembali seperti semula.

“Jadi suasana di IKN Nusantara, nanti betul-betul seperti konsep yang kita rencanakan yaitu Kota Hutan,” ujarnya.

Jutaan bibit yang ada di peresemaian ini nantinya akan ditanam ditempat tempat terutama yang lahan kritis yang ada di IKN, kemudian juga untuk tanaman sela tanaman eucalyptus yang ada di IKN.

“Jadi saat tanaman eucalyptus di panen, tanaman sela nyatoh, shorea atau meranti, kapur, blangiran, gaharu dan lainnya sudah tumbuh besar,” ujarnya. (bdu/adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img