spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaring Bibit Potensial, Pemdes Batuah Gelar Pordus

TENGGARONG– Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah sangat paham betapa pentingnya mencari bibit-bibit unggul di bidang olahraga dan menemukan potensi tersembunyi di desanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Pekan Olahraga Dusun (Pordus).

Tahun ini merupakan edisi ke-3 Pordus yang diselenggarakan di Desa Batuah. Dusun Karya Makmur telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini. Pordus akan berlangsung mulai tanggal 9 Juli hingga puncaknya pada 17 Agustus.

Terdapat total 8 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, sebagian besar adalah olahraga yang populer di masyarakat, antara lain sepak bola anak, mini soccer, voli putra-putri, bulu tangkis beregu, tenis meja beregu, catur beregu, senam, dan sepak takraw.

Dengan adanya Pordus yang rutin diadakan ini, diharapkan banyak bakat olahraga yang dapat terlihat dan dapat dikembangkan hingga tingkat kabupaten, provinsi, dan bahkan nasional. Agenda tahunan ini akan melibatkan 10 dusun di Desa Batuah.

“Tujuan utamanya adalah untuk mencari bibit-bibit olahraga, dan tahun ini ada satu pemain kita yang berhasil lolos ke Pra PON setelah mengikuti seleksi,” ujar Rasyid pada Selasa (23/5/2023).

BACA JUGA :  Sekkab Kukar Hadiri Panen Raya di Desa Buana Jaya

Namun, yang tidak kalah penting menurut Rasyid, adalah memberikan hiburan positif dan pendidikan bagi masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Saat ada kegiatan seperti ini, dapat dipastikan banyak pelaku UMKM yang akan menjajakan produk mereka, minimal berjualan makanan dan minuman.

Pelaksanaannya akan melibatkan seluruh desa dan diadakan secara bergantian di tiap dusun. Setiap tahun, satu dusun akan ditunjuk sebagai tuan rumah, dan sarana serta fasilitas olahraga akan dibangun di dusun tersebut. Dengan penunjukan tuan rumah secara bergantian, pembangunan sarana dan fasilitas olahraga akan merata di seluruh Desa Batuah.

Tidak ada lagi kesenjangan dalam pembangunan fasilitas di Desa Batuah, karena setiap tuan rumah akan didukung dalam melengkapi sarana dan fasilitas yang dibutuhkan. “Semua fasilitas ini akan kita bangun, dan tuan rumah akan memperoleh peningkatan sarana karena pertandingan akan difokuskan di tempat tersebut,” tutup Rasyid. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img