Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jambore Pariwisata di Taman Salma Shofa, Hadirkan Belogo hingga Ukir Buah

Jambore Pariwisata (JP) Kaltim yang akan berlangsung 3-5 Desember 2021 di Taman Salma Shofa, selain diisi sarasehan tentang pariwisata oleh berbagai organisasi kepariwisataan, juga akan menampilkan atraksi kesenian, olahraga tradisional, seperti belogo, begasing, engrang, hingga demo masak ikan terbang, sup ikan dan fruit carving atau ukir buah.

JP dilaksanakan oleh Jaringan Mitra Pariwisata (JMP) – Tourisme Partnership Network bekerjasama dengan Rumah Seni Tirtonegoro secara gotong royong bersama organisasi para pendukung.

Sebagaimana diketahui, sektor pariwisata sangat terpukul oleh pandemi covid-19. Hampir dua tahun, insan pariwisata dan mitra tak bisa berbuat banyak untuk mendapatkan rezeki dari sektor ini.

Covid-19 sebulan terakhir ini melandai dan diharapkan kondisi ini dapat dipertahankan sehingga bisa membangkitkan kembali sektor yang banyak menampung tenaga kerja.

Guna membangkitkan motivasi, semangat para pelaku pariwisata dan mitranya itulah Jaringan Mitra Pariwisata (JMP) Kaltim menginisiasi kegiatan yang diberi nama Jambore Pariwisata (JP).

Ketua JMP, Syafruddin Pernyata menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara swadana atau gotong royong. Karena itu, materi kegiatan disesuaikan dengan kemampuan yang ada,” kata Syafruddin.

Hingga saat ini, yang telah menyatakan dukungannya untuk berperan serta antara lain, pengusaha biro perjalanan (Asita), general manajer hotel (IHGMA), perhimpunan usaha taman rekreasi (Putri), Badan Promosi Pariwisata (BPPD), pelaku dan pengusaha pariwisata (ASPPI), Masyarakat sadar wisata (Masata), pengusaha jasa boga (APJI), pengusaha pameran (Asperapi), asosiasi pembelajaran Luar Ruang (AELI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Gerakan Literasi Kutai (GLK), Komunitas pariwisata Jelajah, Exotic, Forum Pokdarwis dan pengusaha eksportir ekraf serta seniman.

Menurut Syafruddin, mengingat lokasinya terbatas, mungkin para peserta akan digabung berdasarkan jenis usahanya. (rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rizal: Tidak Setuju IKN Wajar, Tapi Jangan Hina Warga Kalimantan

0
BALIKPAPAN - Mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi termasuk tokoh yang terpantik emosinya akibat ulah Edy Mulyadi. Lewat akun Instagram resminya, tokoh berlatar belakang wartawan...

Inilah Sosok Edy Mulyadi yang Kembali Bikin Gaduh Atas Video Dugaan Penghinaan Kalimantan

0
Edy Mulyadi kembali membuat gaduh dengan video dugaan penghinaan terhadap Kalimantan yang menjadi viral di Twitter. Belum lama ini Edy, juga membuat gaduh, dengan...