spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inovasi DiSAPA Mengantar Kukar Raih Penghargaan dari Kompas TV

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) memahami betul cara memanfaatkan era keterbukaan informasi publik, khususnya dalam pelayanan masyarakat di wilayah Kukar. Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan adalah melalui inovasi Program DiSAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik).

Program DiSAPA ini telah diterapkan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar. Dengan membangun situs web, semua informasi dan layanan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dalam era keterbukaan saat ini.

Inovasi ini mendapat pengakuan tingkat nasional dengan menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dalam acara malam puncak perayaan HUT ke-12 Kompas TV yang bertajuk “Indonesia 12aya.”

“Jadi semua informasi dan layanan tersebut telah tersedia dalam format digital melalui program DiSAPA ini,” ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah, pada Senin (11/9/2023) malam.

Penghargaan untuk keterbukaan informasi publik diberikan kepada lima daerah yang dinilai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung keterbukaan informasi publik, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

BACA JUGA :  Acara Serah Terima PIP dan KIP, Hetifah Ungkap Tenggarong Bisa Jadi Smart City Penyangga IKN

Edi Damansyah menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik ini bersama dengan empat kepala daerah lainnya, yaitu Kabupaten Talaud, Kota Probolinggo, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Tapin.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat menerima penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dari Kompas TV. (Istimewa)

Selain itu, Kompas TV juga memberikan empat penghargaan lainnya, seperti Apresiasi Daerah Peduli Inovasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata kepada Kota Balikpapan, Kabupaten Jember, Kota Makassar, Kota Malang, dan Kabupaten Minahasa Utara. Serta Apresiasi Daerah Peduli Pengembangan UMKM dan Potensi Sumber Daya Lokal kepada Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Provinsi Lampung, Provinsi Riau, dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Anugerah Apresiasi Daerah Peduli Penanganan Stunting dan Layak Anak diberikan kepada Kota Lampung, Kabupaten Blora, Kabupaten Jembrana, Kota Mojokerto, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Semarang. Terakhir, Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Pelayanan Publik diberikan kepada Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Marowali Utara, Kabupaten Puncak Papua, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Tangerang Selatan.

Penulis: Muhammad Rafi’i
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img