spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inilah Sosok Calon Pj Bupati PPU, Makmur Marbun: “Pendekar” OTDA dan Produk Hukum Daerah

PENAJAM – Kabar tentang Drs. Makmur Marbun, M.Si, yang akan menduduki posisi Penjabat (Pj.) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) semakin kuat. Hal ini ditunjukkan dari pertemuan khusus antara Bupati PPU, Hamdam Pongrewa, dengan Makmur Marbun di Jakarta, Jumat (15/9/2023) malam. Namun, siapakah sosok Makmur Marbun yang kini menempati posisi penting sebagai Direktur Produk Hukum Daerah di Direktorat Otonomi Daerah?

Dikutip dari situs Kemendagri.go.id, Makmur, yang berasal dari Pakkat, Sumatera Utara dan berusia 57 tahun, telah menjabat posisi tersebut sejak 18 Agustus 2020.

Sebelum menduduki kursi Direktur Produk Hukum Daerah, Drs. Makmur Marbun memiliki jejak karir yang mengesankan. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah di Direktorat Otonomi Daerah (2017-2020). Selain itu, ia juga pernah menjadi Kepala Bidang Perencanaan pada Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat di Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (2011-2017).

Tak berhenti di situ, ia juga pernah menjadi Kepala Bidang Kependudukan di Pusat Diklat Pembangunan, Kependudukan, dan Keuangan Daerah pada Badan Diklat Kemendagri (2010-2011), serta Kasubdit Wilayah V di Direktorat Pejabat Negara Ditjen Otonomi Daerah (2008-2010).

BACA JUGA :  PPU Berencana Kembangkan Potensi Pupuk Organik dari Program 1.000 Sapi

Drs. Makmur Marbun tidak hanya dikenal karena jejak karirnya yang gemilang, tetapi juga latar belakang pendidikannya yang mengesankan. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di STIA LAN RI dengan jurusan Administrasi. Untuk pendidikan pascasarjana, ia memperoleh gelar magister dari Universitas Gajah Mada dengan jurusan Kebijakan Administrasi Publik.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang impresif, Drs. Makmur Marbun dipercaya untuk membawa Direktorat Produk Hukum Daerah ke tingkat lebih lanjut. Tentu saja, jika Makmur Marbun resmi dilantik menjadi Pj. Bupati PPU pada 18 September nanti, masyarakat PPU tentu akan menantikan kontribusi dan inovasinya dalam membangun PPU yang telah ditetapkan sebagai “Serambi Nusantara”.

Penulis/Editor: Agus Susanto

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img