spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ini Cara Jitu KPU Bontang Tangkal Informasi Hoaks Jelang Pemilu 2024

BONTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang memiliki cara dalam menangkal hoaks atau berita bohong mengenai menjelang Pemilu 2024.

Ketua KPU Bontang, Erwin, mengatakan saat ini perkembangan teknologi mengenai arus informasi tidak bisa dibendung. Namun KPU Bontang memiliki kanal-kanal seperti media sosial resmi KPU dalam memberikan informasi mengenai Pemilu terlebih mengenai berita hoaks.

“Perkembangan media yang sangat pesat terlebih media online. Ada juga media sosial yang menjadi tempat informasi. KPU juga memiliki akun media sosial dalam memberikan sosialisasi dan informasi-informasi mengenai kepemiluan,” jelas Erwin kepada Mediakaltim.com, Senin (18/9/2023).

Erwin mengatakan terkait informasi-informasi hoaks yang beredar, Ia mengatakan itu merupakan ranah dan wewenang komisi informasi yang harus melakukan tindakan.

“Kalau informasi hoaks di media sosial, saya pikir itu ranahnya komisi informasi yang memaksimalkan dan Bawaslu sebagai pengawas dalam melakukan tindakan,” kata Erwin.

Cara lain KPU, kata Erwin yakni dengan melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat dan mengimbau kepada masyarakat ketika menemukan informasi hoaks untuk memberitahu atau melaporkan ke KPU Kota Bontang. Sebagai pengambil kebijakan, Komisioner melakukan arahan kepada staf-staf KPU.

BACA JUGA :  45 Anggota PPS Dilantik, Ketua KPU Erwin: Jalankan Tugas Secara Profesional dan Independen

“Caranya yakni untuk mengantisipasi atau mengimbau kepada masyarakat ketika mendapatkan informasi hoaks untuk mengecek atau memberitahukan akun resmi media sosial KPU atau bisa mendatangi langsung kantor KPU Bontang,” pungkas Erwin.

Pewarta: Yahya Yabo
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img