spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ichsan Dorong Eksekutif Beri Dukungan yang Masif untuk Dunia Literasi

TANJUNG REDEB – Dunia literasi sangat berpengaruh terhadap ilmu yang dimiliki seseorang. Maka dari itu, Sekretaris Komisi III DPRD Berau, Ichsan Rapi mendorong eksekutif untuk memberi dukungan yang masif.

Dia menerangkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau harus fokus kepada perkembangan literasi di Bumi Batiwakkal. Pasalnya dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Literasi itu penting, apalagi kebodohan telah banyak memakan korban. Kita harus rajin baca buku, baik itu bentuk fisik maupun digital,” katanya.

Dirinya mengaku merasa prihatin. Sebab masih minimnya tenaga perpustakaan yang mengantongi akreditasi. Termasuk perpustaan yang sudah berjenjang nasional.

“Hal itu saya ketahui setelah mendengar pemaparan Ketua Atpusi Berau, Mariani saat festival literasi beberapa waktu lalu,” ungkap pria yang juga Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Berau ini.

Ichsan menilai, pustakawan harus orang-orang yang profesional di bidangnya. Maka dari itu, kata dia, tenaga perpustakaan yang terakreditasi perlu ditingkatkan.

“Termasuk perpustakaan sekolah yang belum bertaraf nasional ini yang harus juga kita perhatikan, bagaimana langkahnya, paling tidak dengan menambah koleksi buku-buku baru dan terpopuler,” ungkapnya.

Agar keinginan tersebut tercapai, terangnya, diperlukan minat yang tinggi oleh anak didik. Untuk menariknya, perpustakaan harus modern.

“Jadi kita pancing dulu minatnya dengan edukasi yang bagus, ditambah fasilitas pendukung. Makanya perpustakaan juga harus bisa bertransformasi dengan lebih baik dan modern,” tutupnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img