spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HUT TNI Ke-78, TNI Pastikan Netral dan Sukseskan Pemilu

BALIKPAPAN – Peringatan HUT TNI ke-78 di wilayah Kodam VI/Mulawarman dipusatkan di Kota Balikpapan, tepatnya di Lapangan Merdeka Balikpapan, pada Kamis (5/10/2023).

Kegiatan HUT TNI ke-78 ini dimulai dengan apel pasukan dan kesiapan pasukan. Kemudian diteruskan dengan sejumlah pertunjukan seni bela diri dari Merpati Putih, Reog Ponorogo hingga Tim Gultor dari Yonif Rider 600/Modang.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, pada momentum HUT TNI kali ini seluruh matra, yakni TNI AD, AL dan AU siap mensukseskan pemilu tahun 2024 mendatang. Hal ini ditandai dengan hadirnya secara bersama tiga matra tersebut.

“Kami jajaran Kodam VI/Mulawarman baik dari Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat kami hadir bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya bersinergi bersama-sama dalam rangka menyiapkan pesta demokrasi ke depan agar pelaksanaan pemilu yang dilakukan secara serentak bisa terlaksana dengan jujur, adil dan sesuai dengan azas pemilu,” ujarnya.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo didampingi Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto saat menyaksikan defile TNI.

Lebih lanjut Pangdam VI/Mulawarman menjelaskan, sinergitas ini telah ditunjukkan dengan menjalin koordinasi seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan pemilu.

“Sinergi kami yang sudah ada ini, bahwa kita sudah siap untuk berkorban demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman di wilayah Kodam VI/Mulawarman,” jelasnya.

Pangdam VI/Mulawarman juga menegaskan tentang netralitas TNI dalam pemilu mendatang. “Netralitas pasti jadi atensi buat kita, apalagi kedepan kita melaksanakan pesta demokrasi secara bersama-sama. Makanya kita tadi sama-sama dengan Kapolda, Kejati, Ketua DPRD dan Pj Gubernur kita bersama-sama berkomitmen mensukseskan pemilu 2024,” tutupnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img