spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HUT RI di IKN, Hotel Berbintang di Balikpapan “Fully Booked”

BALIKPAPAN – Menjelang peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan Agustus 2024 mendatang, hotel berbintang tiga, empat dan lima yang ada di Kota Balikpapan terbilang sudah “fully booked” atau sudah penuh dipesan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Balikpapan, Sugianto mengatakan, khusus untuk tanggal 15-18 Agustus 2024 sudah penuh, karena sudah dipesan jauh-jauh hari.

“Alhamdulilah, kondisi hotel untuk HUT RI 17 Agustus, itu dari tanggal 15 sampai dengan 18 Agustus semua hotel bintang tiga, empat, lima di Balikpapan sudah penuh,” ujarnya, Selasa (9/7).

Lebih lanjut Sugianto menjelaskan, bahkan mayoritas kamar tersebut sudah dibayar. Sehingga, bagi yang tidak sempat memesan diarahkan ke hotel bintang satu, dua, atau penginapan maupun guest house yang masih tersedia.

“Diharapkan yang belum dapat hotel segera mencari, dari pada nanti mendadak ini akan susah untuk mendapatkan hotel,” jelasnya.

Bahkan saat ini diakuinya harga kamar hotel sudah mengalami kenaikkan hingga diatas 30 persen dari harga normal. “Kenaikkan khusus 15-18 Agustus bisa 30 persen. Rata-rata ini hotel di Balikpapan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Gunakan Jasa Ekspedisi, Tiga Pria di Balikpapan Selundupkan 924 Gram Ganja

Sugianto berharap, sejumah hotel bintang tiga dan empat yang tutup akiibat COVID-19 lalu, bisa kembali beroperasi. Karena saat ini sejak adanya IKN, banyak yang membutuhkan kamar untuk menginap.

“Mudah-mudahan hotel yang tutup kemarin, Le Grandeur, yang di pojokan Balikpapan Permain kalau itu buka bisa membantu lagi, ada beberapa kamar lagi lumayan,” ujarnya lagi.

Apalagi, kini banyak kegiatan Pemerintah Pusat maupun Lembaga yang kini digelar di Balikpapan maupun Kaltim dengan keberadaan IKN, sehingga berdampak positif bagi perhotelan.

“Harapannya mudah-mudahan dengan adanya IKN terus dengan okupansi yang baik. Karena melihat kunjungan-kunjungan itu terus meningkat,” tutupnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img