spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hasil Ekspos Operasi Timbang di Bontang, Angka Stunting 19 Persen

BONTANG – Tim percepatan penurunan stunting Kota Bontang memberikan pemaparan mengenai hasil operasi timbang untuk penanganan penurunan stunting di Kota Bontang pada Senin (4/12/2023) di Ballroom Hotel Bintang Sintuk.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Bontang, Jamila Suyuti mengatakan Dinkes Bontang melaksanakan aksi 7 konvergensi stunting dalam pengukuran dan ekspos data yang dilakukan Dinkes Bontang.

Ia menjelaskan bahwa dari hasil operasi timbang yang dilakukan beberapa waktu lalu secara serentak, didapatkan hasil status gizi balita di Kota Bontang tahun 2023.

Selanjutnya, Ia mengatakan aksi 7 konvergensi tidak terlepas dari delapan aksi yang dilaksanakan dalam penanganan penurunan stunting di Kota Bontang.

“Aksi konvergensi ke 7 ini tidak terpisahkan dari delapan aksi konvergensi yang dilakukan dengan memaparkan hasil ekspos pengukuran operasi timbang. Akan ada monitoring dan evaluasi di aksi konvergensi terakhir. Dinkes sebagai leading dalam menyampaikan hasil publikasi,” kata Jamila.

Dalam hasil operasi timbang, didapatkan dari hasil status gizi Balita Kota Bontang tahun 2023 ada sebanyak 19 persen data anak stunting. Ini sesuai dengan hasil pengukuran operasi timbang yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi sesuai dengan aplikasi Sigiziterpadu Kemenkes.

Sementara, Wakil Wali Kota Bontang, Najirah mengatakan target pada 2024 angka stunting bisa turun di angka 14 persen atau bahkan lebih. Ia mengatakan evaluasi harus terus dilakukan dalam proses operasi timbang yang dilakukan.

“Perlu evaluasi dalam operasi timbang yang telah dilaksanakan sebagai strategi bagian dari penanganan penurunan stunting di Kota Bontang,” jelas Najirah.

Najirah mengatakan percepatan penurunan stunting sesuai dengan Perpres nomor 72 tahun 2021 sebagai percepatan penurunan stunting dengan intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang dilaksanakan secara kerja sama multi sektor.

“Kepada seluruh pihak dapat berkontribusi dalam upaya percepatan penurunan stunting sebagai strategi nasional percepatan penurunan stunting. Banyak aksi-aksi yang dilakukan untuk menurunkan stunting,” ungkapnya.

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img