spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Harapan Besar Presiden Jokowi di Muktamar Pemuda Muhammadiyah

BALIKPAPAN – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah dan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor resmi membuka Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah 2023, di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kaltim, yang dipusatkan di Gedung Dome Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Rabu (22/2/ 2023).

Presiden Jokowi mengatakan menaruh harapan besar muktamar menghasilkan agenda besar. Terlebih Muhammadiyah adalah pelopor organisasi terbesar di Indonesia. Ke depan pemuda sangat penting bagi bangsa Indonesia menuju Indonesia berkemajuan.

“Karena itu, pembangunan SDM sangat penting. Pengembangan ini telah dicontohkan Taiwan dan Jepang. Mereka mampu mempengaruhi negara di dunia melalui produk bahan jadinya yang dibangun para generasi muda,” ucap Presiden Jokowi.

Bagi Presiden, untuk menuju Indonesia berkemajuan, maka pengembangan SDA juga harus dilakukan secara profesional. Contohnya, pengembangan produksi boksit. Dengan didukung para pemuda seluruh Indonesia tak terkecuali Pemuda Muhammadiyah.

“Maka dari itu, peran Pemuda Muhammadiyah sangat strategis dalam mendukung kesejahteraan rakyat Indonesia. Selamat bermuktamar,” ucap Jokowi.

BACA JUGA :  Sandeq Bakal Ramaikan Puncak Perayaan Haornas di Balikapapan

Gubernur Kaltim Isran Noor juga membenarkan arahan Presiden Jokowi, bahwa menuju dan mendukung Indonesia Maju terutama IKN, maka peran Pemuda sangat diperlukan.

“IKN memerlukan pemuda Indonesia yang unggul dan berkemajuan. Untuk itu, sangat memerlukan dukungan penuh dari seluruh pemuda khususnya Pemuda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir mengharapkan agar pemuda khususnya Pemuda Muhammadiyah mampu menjadi penentu kemajuan bangsa. Pemuda Muhammadiyah hari ini adalah pemuda berkemajuan di masa depan.

Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah 2023 diikuti 1.211 peserta/pemilih dari Pengurus Pemuda Muhammadiyah se Indonesia. Sedangkan tujuan utama Muktamar XVIII 2023 Pemuda Muhammadiyah untuk memilih Pengurusan Baru dan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah baru periode 2023-2027 melalui sistem Formatur yang terdiri dari 36 Formatur terpilih.

Adapun penyelenggaraan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah dimulai sejak 21-24 Februari 2023, dihadiri Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Jenderal Pol Purn Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri.

BACA JUGA :  Bukan Sekadar Seminar, Hetifah Berikan Pendampingan Digitalisasi UMKM Sampai Tuntas

Pembukaan ditandai dengan pemukulan marawis oleh Presiden Jokowi, Gubernur Isran Noor, Ketum PP Muhammadiyah, Presiden ke 5 Megawati dan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah. Dengan tema Pemuda Negarawan Harmoni Memajukan Indonesia. (rls/bom)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img