spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri Rakorenbang di Kelurahan Karang Joang, Abdulloh Respon Keluhan Warga 

BALIKPAPAN – Kelurahan Karang Joang menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) bertempat di Aula Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Rabu (11/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Camat Balikpapan Utara Muhammad Idris, Lurah Karang Joang Maryana, Staf Dinas Pekerjaan Umum, Staf Dinas Pendidikan, Kepala Sub Bagian Costumer Service Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan Suryo Hadi Prabowo dan puluhan Ketua RT.

Di Rakorenbang tahun 2023 ini, Kelurahan Karang Joang menghasilkan 90 usulan. Dari 90 usulan tersebut terdapat 21 usulan yang merupakan program prioritas yang akan di angkat pada Rakorenbang di tingkat Kecamatan.

Selain usulan itu, dalam Rakorenbang ini sejumlah Ketua RT yang hadir juga menyoroti ketersediaan air bersih, fasilitas sekolah dan penanganan jalan longsor di kilometer 15 dan masalah Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Kita berharap nanti di Rakorenbang tingkat Kecamatan, usulan yang menjadi program prioritas dapat disetujui hingga ke tingkat kota,” ujar Lurah Karang Joang, Maryana.

Terkait aliran air bersih seperti yang dikeluhkan warga mulai dari kilomer 18 hingga kilometer 24, Maryana menjelaskan, bahwa warga di sepanjang 6 kilometer itu sangat berharap adanya aliran air bersih PDAM.

BACA JUGA :  Gelar Paripurna, DPRD dan Pemkot Bahas 5 Raperda

“Warga kilometer 18 sampai 24 ini kan memang rumahnya agak berjauhan atau jarang, kecuali rumah-rumah warga yang masuk gang-gang. Tapi yang jelas setiap warga pasti menginginkan air bersih. Mungkin dari pihak PDAM ada perhitungannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menyampaikan agar warga melalui Ketua RT selalu aktif berkomunikasi dengan pihak Lurah, Camat maupun LPM. Ini agar semuanya setiap persoalan dilingkungan dapat tertangani dengan cepat.

“Soal usulan-usulan di wilayah Balikpapan Utara saya siap mengawal mulai dari Rakorenbang tingkat Kecamatan sampai Kota”,” ujar Abdulloh.

Abdulloh menjelaskan, dari 90 usulan di Rakorenbang Karang Joang, sekitar 70 persen merupakan aspirasi dirinya. Kerena melihat kondisi di wilayah Karang Joang pembangunannya harus di percepat.

“Dari usulan di Karang Joang sekitar 70 persen merupakan aspirasi dari saya, karena saya melihat kondisi di Karang Joang ini pertumbuhan pembangunannya harus di percepat. Supaya tidak ada lagi jalan dan gang yang masih porak poranda,” jelasnya.

Abdulloh juga meminta agar warga melalui RT tidak hanya fokus untuk peningkatan infrastruktur saja, tapi juga bisa mengembangkan perputaran ekonomi dilingkungannya. Seperti pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan pengembangan agro bisnis.

BACA JUGA :  DPRD Balikpapan Pelajari Pemberdayaan Potensi Daerah di Sidoarjo 

“Penguatan ekonomi sangat penting untuk menunjang kehidupan masyarakat di masa mendatang, jangan hanya fokus terhadap infrastruktur, tapi juga bisa mengembangkan pertumbuhan ekonomi, seperti UMKM maupun agro bisnis. Silahkan Ketua RT sampaikan kepada Lurah, Camat, LPM supaya bisa di koordinasikan dengan saya kalau ada agenda-agenda untuk menopang perekonomian dilingkungannya,” tutup Abdulloh. (ADV/DPRDBalikpapan/Bom)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img