spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadapi Lebaran, Kutim Siap Jalankan Instruksi Kapolri*

SANGATTA – Sepekan menjelang perayaan Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kutai Timur (Kutim) siap mengikuti arahan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Hal ini dikatakan langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman usai menjadi inspektur upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 di halaman Mako Polres Kutim, Rabu (3/4/2024) pagi.

“Kutim menghadapi Lebaran, siap melaksanakan instruksi Kapolri terutama dalam pelayanan arus mudik harus dipastikan aman dan lancar serta tentunya memberikan kenyamanan untuk pemudik dengan sinergitas seluruh pihak terkait mulai dari pemerintah daerah dengan Polri, TNI serta mitra strategis lainnya,” ucap Ardiansyah didampingi Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, Kajari Kutim Romlan Robin dan jajaran Forkopimda yang hadir.

Ia menambahkan pihaknya melalui Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kutim bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Pasalnya dalam beberapa hari ini intensitas kebakaran di Kutim cukup tinggi yang terjadi di dua kecamatan belum lama ini yakni di Bengalon dan Sangatta Selatan beberapa waktu lalu.

“Kita juga siagakan TIM DPKP bersama BPBD dalam hal ini untuk mewaspadai adanya titik titik hot spot di beberapa kawasan dan hutan yang ditengarai bisa mengakibatkan timbulnya kebakaran dan cuaca yang juga tengah masuk musim kemarau di Bulan April,” sebutnya.

Kemudian dalam hal ini sebelumnya dari Rapat Koordinasi Forkopimda Kutim juga sudah mempersiapkan beberapa langkah khusus terutama dalam pengamanan arus mudik.

“Mulai besok Kamis (4/4/2024) sudah dimulai implementasi pengamanan mudik dengan beberapa pos yang sudah ditunjuk oleh Polres Kutim. Dalam hal ini kita sudah memperkuat koordinasi untuk memaksimalkan pelayanan mudik,” tegas Bupati Ardiansyah.

Sementara itu, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic mengutarakan pihaknya akan menerjunkan sebanyak sekitar 600 porsonel untuk pengamanan arus mudik.

“Mereka akan dibagi di tiga pos yang menjadi center pelayanan arus mudik yaitu pos pertama di Pos Polisi Simpang 3 Jalan Eks Pendidikan, Pos Kenyamukan dan Pos Teluk Lombok. Ada juga titik-titik pengamanan di sejumlah kawasan pusat perbelanjaan (mal) hingga kantor pemerintahan. Kita siapkan optimalkan dalam pelayanan pengamanan dan tentunya kerja sama dari masyarakat untuk menciptakan suasana menghadapi Lebaran yang kondusif,” singkatnya.(Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img