spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gubernur Lantik Rahmad Mas’ud Senin, Posisi Wawali Masih Kosong

SAMARINDA – Pertanyaan besar kapan Rahmad Mas’ud dilantik sebagai Wali Kota Balikpapan akhirnya terjawab. Gubernur Kaltim Isran Noor dijadwalkan melantik Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan itu pada Senin (31/5/2021).

Hanya Rahmad seorang yang dilantik, sedangkan posisi Wakil Wali Kota Balikpapan yang kosong menyusul meninggalnya wawali terpilih, Thohari Aziz, untuk sementara dibiarkan kosong, hingga ada keputusan dari partai pengusung dan Rahmad Mas’ud. Kepastian pelantikan Rahmad diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor, Kamis (27/5/2021). “Rencana Senin 31 Mei 2021,” kata Gubernur melalui pesan whatsapp kepada mediakaltim.com.

Terpisah, Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin menambahkan, pelantikan orang nomor satu di Pemkot Balikpapan ini, setelah Gubernur menerima surat Mendagri tentang Pelantikan Walikota Balikpapan. “Berdasarkan surat Mendagri tertanggal 25 Mei 2021 yang barusan diterima, Pak Gubernur langsung minta dipersiapkan pelantikan Pak Rahmad Mas’ud pada Senin tanggal 31 Mei 2021, ini bertepatan dengan telah berakhirnya masa jabatan Pak Rizal Effendi pada tanggal 30 Mei 2021,” tutur Syafranuddin, yang akrab disapa Ivan.

Dikatakannya pelantikan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, hingga yang diundang menghadiri pelantikan hanya keluarga inti Rahmad Mas’ud. Pejabat lain yang diperbolehkan hadir di tempat acara Odah Etam kompleks kantor Gubernur Kaltim, lanjut Syafranuddin, adalah unsur pimpinan DPRD Balikpapan, serta beberapa perwakilan organissi perangkat daerah (OPD) lain.

Thohari Aziz meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) pada Rabu (27/1/2021), setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19. Empat bulan sepeninggal Thohari, PDIP selaku partai pengusung belum bisa memutuskan siapa penggantinya.

Sempat muncul nama dua kader PDIP Balikpapan yakni Budiono Sastro Prawiro dan Eddy Sunardi, namun hingga kini belum jelas siapa yang dipilih menggantikan Thohari Aziz. (akb/red2)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img