spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Groundbreaking RSUP di IKN, Presiden Jokowi: Fokus untuk Pasien Penyakit Jantung dan Stroke

PENAJAM – Presiden Joko Widodo, Rabu (20/12/2023), melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP), rumah sakit keempat yang pembangunannya telah resmi dimulai, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Sudah mulai dibangun tiga rumah sakit swasta, yang kami groundbreaking bulan yang lalu, dua bulan yang lalu, dan tiga bulan yang lalu; ada tiga,” kata Jokowi dalam acara peletakan batu pertama RSUP di IKN, Kalimantan Utara, Rabu (20/12/2023).

Jokowi menyebutkan tiga rumah sakit di IKN yang sudah diresmikan pembangunannya ialah RS Hermina, RS Abdi Waluyo dan RS Mayapada. “Dan hari ini, kami groundbreaking lagi untuk Rumah Sakit Umum Pusat yang akan dibangun oleh Pemerintah,” tambahnya.

Setelah RSUP tersebut, Jokowi mengatakan ada tiga rumah sakit swasta lain yang mengantre untuk diresmikan pembangunannya.”Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan rumah sakit,” kata Jokowi.

Namun demikian, dengan banyaknya rumah sakit di IKN, Jokowi berharap tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang pergi ke luar negeri untuk berobat karena bisa dilakukan di dalam negeri, termasuk di IKN.

BACA JUGA :  Ibu Kota Nusantara Bakal Terapkan Energi Hijau

“Ini nanti mestinya, kalau sudah jadi semuanya, tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kami harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya,” harapnya.

RSUP di IKN akan berkonsentrasi untuk penyakit jantung dan stroke. “Dan dengan mengucap bismillahirohmanirahim, pada siang hari ini, peletakan batu pertama, groundbreaking, Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara, secara resmi saya nyatakan dimulai,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara pada tanggal 31 Oktober 2023, RS Abdi Waluyo pada tanggal 22 September 2023, dan RS Hermina pada tanggal 1 November 2023.

Jokowi menargetkan pembangunan rumah sakit di IKN itu selesai pada pertengahan tahun 2024 supaya bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Sebelum HUT ke-79 RI, pada tanggal 17 Agustus 2024, ditargetkan empat rumah sakit di IKN selesai dibangun, yaitu sebuah rumah sakit vertikal dan tiga rumah sakit swasta. Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan, akan memenuhi tenaga-tenaga kesehatan untuk rumah-rumah sakit di IKN tersebut. (Ant/MK)

BACA JUGA :  Tak Ada Pemilu Legislatif Daerah di IKN

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor : Fransiska Ninditya

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img