spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelorakan Literasi, Tour Library Kaltim Mampir di Kutim

SANGATTA – Menggelorakan sekaligus menumbuhkembangkan minat dalam kegiatan literasi (membaca dan menulis) khususnya di daerah, Event Tour Library Kaltim 2023 inisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kutai Timur (Kutim) serta pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB)  singgah di Kota Sangatta, Ibu Kota Kutim. Kegiatan berlangsung dengan konsep malam ramah tamah yang digelar di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Selasa (28/11/2023) malam dan dibuka langsung oleh Wabup Kasmidi Bulang didampingi Sekretaris Dispusip Kutim Rakhmat Rosadi mewakili Kepala Dispusip, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPKD Kaltim Taufik dan undangan lain yang hadir.

Dalam sambutannya, Kasmidi menegaskan ia sangat mengpapresiasi kegiatan ini pasalnya selama dua tahun ini Pemkab Kutim melalui kontribusi Dispusip Kutim selalu masuk tiga besar dalam Panji Pembangunan.

“Ya, dalam hal ini Kutim sangat konsisten dalam mengembangkan literasi. Kita punya 40 perpustakaan di desa-desa yang sudah dilengkapi fasilitas yang memadai. Ini menandakan, Kutim sangat maksimal dalam mengembangkan minat baca untuk anak-anak kita yang nantinya akan tumbuh jiwa yang sehat dan cerdas yang golnya untuk mengembangkan keceradasan untuk menyerap informasi mulai dari sejarah, budaya, teknologi informasi dan sebagainya,” tegasnya.

BACA JUGA :  Isran Noor Sapa Warga Bengalon dan Bagikan Sembako

Kasmidi pun berterima kasih kegiatan ini bisa singgah di Kota Sangatta. “Karena memang kita wajibkan anak-anak kita bisa mencintai kegiatan literasi ini sejak dini. Saya yakin bahwa dengan membaca dan menulis bukan hanya bermanfaat untuk kalangan anak muda dan pelajar, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental,” urainya.

“Kami sangat mendukung penuh kegiatan Tour Library Kaltim yang diselenggarakan oleh DPKD Kaltim, bahwa membaca dan menulis tidak hanya membuat pikiran tetap sehat, tetapi juga memiliki manfaat besar untuk perkembangan diri dan masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

Kemudian, Kasmidi juga mengutarakan jika dampaknya tidak hanya untuk anak muda maupun pelajar saja ya, sampai saat ini dirinya masih suka membaca, entah itu berita, atau artikel-artikel menarik, utamanya persoalan sosial yang terjadi.

“Untuk itu, dukungan dari Pemkab Kutim menjadi pendorong semangat dalam menggalakkan literasi di kalangan masyarakat. Ke depan, kegiatan serupa dapat terus diadakan guna meningkatkan minat baca dan menulis di Kutim,” terangnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPKD Kaltim Taufik menguraikan jika tahun lalu kegiatan ini menyasar di wilayah Selatan yakni ada Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser.

BACA JUGA :  Tangani Banjir yang Kerap Melanda Sangatta, Wabup Kutim Sebut Dua Langkah Ini Segera Dilakukan

“Nah, untuk tahun 2023 ini kita menyasar ke wilayah utara yang dimulai dari Samarinda, Bontang, Kutim dan Berau. Alhamdulillah kita bisa melakukan kegiatan literasi di Kutim ini dengan dukungan Pemkab Kutim,” bebernya.

Selanjutnya, misi dari kegiatan ini yakni dalam mengkampanyekan pentingnya membaca serta meningkatkan baca masyarakat.

“Di setiap titik yang dikunjungi akan ada kegiatan menarik mulai dari mendongeng dan kelas menulis serta ada talk show,” jelasnya.

Kemudian, dalam kegiatan ini juga didukung dengan adanya mobil perpustakaan keliling yang akan memberikan layanan peminjaman buku di setiap lokasi yang dikunjungi.

“Jadi selain Tour Library Kaltim berlangsung, acara ini akan menghadirkan narasumber yang memiliki pengalaman luas dalam dunia literasi,” singkatnya.(Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img