spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Roots Day, SMPN 2 Gunung Rampah Deklarasikan Anti Perundungan

KUTAI BARAT – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Gunung Rampah Kecamatan Mook Manaar  Bulatn menggelar acara kegiatan Roots Day denvan tema “Rangkul Teman, Cegah Perundungan, Ciptakan  Sekolah dan  Nyaman Tanpa Kekerasan”.

Dalam acara ini yang dimulai pukul 08.00 Wita ini, SMPN 2 Gunung Rampah sekaligus mendeklarasikan Anti Perundungan (bullying).

Kegiatan ini dihadiri para donatur, petinggi Kampung Gunung Rampah, petinggi Jengan Kasi Pendidikan Kecamatan Mook Manaar Bulatn,pengawas TK, SD , komite sekolah, orang tua  siswa serta fasiltator program roots.

Kepala SMPN 2 Gunung Rampah, Bernadeth Gita mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor : 4003/8314/UM-PPD/DPK-II/X/2-23  tentang pencegahan dan penanganan kekerasan pada satuan pendidikan dilingkungan Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat.

“Dari seluruh rangkaian acara, SMP Negeri  2 Gunung Rampah menyambut baik program tersebut ,dan sebagai pimpinan kepala sekolah ,saya memfasilitasi kegiatan ini,” terang Gita.

Gita menjelaskan, kegiatan yang digelar tersebut, tidak akan berhenti begitu saja. “Tetapi, akan menjadi kurikulum tetap di sekolah kami,” tegasnya.

BACA JUGA :  Polres Kubar Ungkap Kasus Illegal Oil, Puluhan Jerigen Pertalite dan Uang Tunai Disita

Bernadeth Gita berharap, kegiatan seperti ini perlu dilakukan di sekolah – sekolah yang ada di Kabupaten Kutai Barat sebagai wadah para peserta didik untuk berkreasi dan berkarya secara positif.

“Kegiatan ini kita melibatkan selain dari siswa siswi yang ada di sekolah SMP Negeri 2 Gunung Rampah berjumlah 30 orang. Kami  juga mengundang orang tua siswa, berjumlah  30 orang,” sebutnya.

Diketahui, para orang tua siswa ini tugasnya  untuk mensosialisasikan tentang anti bullying di sekolah dan  juga menjadi agen perubahan di masyarakat.

“Jadi intinya mereka juga menolak bullying dari dalam keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Adapun  persembahan siswa siswi SMP Negeri 2 Gunung Rampah dalam acara tersebut di antaranya,fashion show, gerakan salam profil pelajar Pancasila, tarian kreasi profil pelajar Pancasila, modern dance, baca pantun, baca puisi tentang pencegahan kekerasan, drama pemalakan, dan menyayikan lagu agen perubahan.

Penulis : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img