spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Pelatihan Water Rescue, Basarnas Antisipasi Laka Laut di Wilayah Perairan IKN

BALIKPAPAN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A (SAR) Kota Balikpapan menggelar latihan Potensi SAR di Permukaan Air (Water Rescue), pada 9 – 14 Oktober 2023   mendatang.

Kepala Kantor SAR Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, pelaksanaan latihan water rescue sudah menjadi agenda rutin. Dan sebanyak 50 peserta dari unsur TNI-Polri, relawan hingga organisasi yang memiliki potensi SAR di seluruh Kaltim turut dilibatkan dalam pelatihan ini.

“Tahun ini kami sudah dua kali melaksanakan latihan water rescue. Yang pertama di Samarinda, kemudian hari ini di Balikpapan,” ujarnya usai Apel Pembukaan Pelatihan Potensi SAR di Permukaan Air (Water Rescue) di halaman Kantor SAR Balikpapan.

Lebih lanjut Melkianus menjelaskan, pelatihan Potensi SAR khususnya di Permukaan Air (Water Rescue) ini sangat penting. Mengingat Kota Balikpapan sebagai kota penyangga IKN dan juga PPU yang menjadi IKN terdapat aktivitas di lautan.

“Kota Balikpapan ini sebagai penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN), maka sangat dibutuhkan potensi SAR yang memiliki kemampuan lanjutan di bidang water rescue,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jadi Pintu Gerbang IKN, Balikpapan Harus Memajukan Destinasi Wisata

Sementara itu Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin yang membuka pelatihan tersebut sangat menyambut baik adanya pelaksanaan latihan water rescue Kantor SAR Balikpapan ini.

“Balikpapan ini wilayahnya banyak pantai, sehingga memang diperlukan potensi kesiapsiagaan seperti ini,” ujar Muhaimin.

Kegiatan Pelatihan Potensi SAR di Permukaan Air (Water Rescue) yang dijalankan selama 6 hari dengan total jam pelajaran 72 JP. Dan pelaksanaan materi pembelajaran Water Rescue di laksanakan di ruang rapat Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan dan untuk kegiatan praktek dilaksanakan di Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan Timur.

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img