spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Pameran dan Kontes Bonsai, Komunitas PPIB Bontang Ajak Masyarakat untuk Bergabung

BONTANG – Komunitas Kumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPIB) Cabang Bontang, menggelar pameran dan kontes bonsai, yang berlangsung di Jalan Gendang 5, RT.22, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Sabtu (25/5/2024).

Ketua Komunitas PPIB Cabang Bontang, Lukmanul Hakim menyampaikan pameran kecil-kecilan ini dilakukan hanya untuk mengisi kegiatan rutin, yang akan digelar sebulan sekali. Selain pameran juga membangun tali silaturahmi satu sama lain, agar sesama pecinta bonsai di Bontang bisa lebih solid pastinya.

“Pameran ini termasuk kegiatan rutin yang akan kita jadwalkan, karena pameran malam ini bisa terbilang perdana,” ucapnya.

Komunitas PPBI cabang Bontang membuka ruang untuk masyarakat Kota Bontang yang ingin bergabung. Sehingga dengan adanya pameran seperti ini sesama pecinta bonsai bisa saling belajar satu sama lain, yang sebelumnya mereka belum terlalu paham dengan tanaman bonsai tersebut.

“Walaupun hanya pameran kecil-kecilan saja, tetapi kami mendatangkan PPBI cabang Samarinda sebagai juri. Dari pihak mereka akan menilai, bahkan akan mengoreksi juga, sebagai bahan tambahan saat pameran,” paparnya.

BACA JUGA :  Bisa Diperpanjang Hingga Pilkada, Masa Tugas PPK Bontang 14 Bulan

Perlu diketahui, untuk anggota PPIB cabang Bontang sudah ada sekitar 25 anggota yang terdaftar dari pusat. Bahkan nantinya jika ada sebagian masyarakat Bontang yang ingin ikut bergabung dengan komunitas ini, mereka akan dipastikan didaftarkan langsung ke pusatnya.

“Kenapa langsung ke pusat, karena kita ingin saat mengadakan event, baik lokal maupun nasional organisasi kita telah berbadan resmi. Bahkan anggota yang sudah terdaftar juga memiliki SK,” ungkap Achmad Redha, selaku Sekretaris PPIB Cabang Bontang.

Di kesempatan yang sama, Juri dari PPIB Cabang Samarinda, Zulkifli mengatakan untuk penilaian yang disebut apresiasi dalam bonsai yang paling utama adalah gerak dasar dan karakter pohon. Bahkan bonsai pun saat penilaian dilihat dari sisi muka dan belakangnya, ada unsur tersendiri dari setiap bonsai. Memiliki alur tersendiri setiap masing-masing karakter bonsai.

“Untuk PPIB Cabang Bontang dikatakan sudah berani menggelar pameran, itu luar biasa. Saya berikan persentase 10 persen untuk mereka yang dikatakan perdana. Untuk kesannya, tetap solid, budidaya, dan bisa menghidupkan kembali perekonomian kreatif, yang di mana harus memiliki tempat budidaya tersendiri yang dikelola oleh organisasinya,” katanya.

BACA JUGA :  Tabrak Tiang Listrik, Mobil Hilux Ringsek di Jalan Eks Pupuk Raya

Nantinya komunitas PPIB Cabang Bontang akan mengadakan pameran se-Kaltim, di bulan Oktober 2024 mendatang. Dengan harapan masyarakat bontang sebagai pecinta bonsai, bisa ikut serta dalam pameran ini untuk memeriahkan kegiatan pameran.

Penulis: Dwi S
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img