spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Apel Siaga 1 Tahun Menuju Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Bontang: Bawaslu Bukan Lembaga Cari-cari Kesalahan

BONTANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bontang menggelar Apel Siaga Pengawasan ‘Satu Tahun Menuju Pemilu 2024’ di halaman Kantor Bawaslu Kota Bontang, Selasa (14/2/2023) pagi.

Kegiatan Apel Siaga ini dirangkai peluncuran Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif  ‘Jarimu Awasi Pemilu’, Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu Damai Berintegritas. Ditandai penandatangan bersama seluruh stakeholder di papan baliho yang telah disiapkan Bawaslu Bontang.

Apel Siaga dipimpin Ketua Bawaslu Kota Bontang Aldy Artrian. Dalam arahannya, Aldy menegaskan bahwa Apel Siaga Satu Tahun Menuju Pemilu Serentak Tahun 2024 adalah penanda bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 sedang berlangsung.

“Maka menjadi penting kepada semua elemen masyarakat untuk ambil bagian dan berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita demokrasi bangsa,” sebutnya.

Menurutnya, dalam mengawal pesta demokrasi di Kota Bontang, KPU, Bawaslu, DKPP secara prinsip adalah satu kesatuan fungsi penyelenggaraan pemilu. Dalam dimensi lebih luas pada sistem ketatanegaraan kita meniscayakan bahwa ada pemilu di dalamnya. Sehingga terwujudnya pemilu yang berkualitas tentu memiliki pengaruh besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA :  Berbas Pantai Dijadikan Percontohan, Najirah Optimistis Turunkan Angka Stunting

“Karena itu, saya menekankan seluruh jajaran pengawas untuk mengoptimalkan kerja-kerja pengawasan, pengawasan pemilu harus dimaknai sebagai upaya memaksimalkan tindakan pencegahan dan lalu penindakan. Bawaslu didesain bukan sebagai lembaga mencari-cari kesalahan tapi bertugas untuk memastikan Pemilu berjalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” bebernya.

Sebagai langkah komitmen Bawaslu menjembatani dengan harapan publik, dikatakan Aldy, Bawaslu akan memfasilitasi ruang-ruang edukasi, informasi dan sosialisasi agar isu-isu kepemiluan menjadi isu bersama seluruh komponen masyarakat.

“Salah satunya pojok pengawasan, dapat digunakan sebagai ruang konsultasi dan pengayaan mengenai regulasi kepemiluan, posko jaga hak pilih sebagai sarana aduan masyarakat terhadap hak pilihnya,” ungkapnya.

Salah satunya, kata Aldy, Bawasly telah meluncurkan jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id yang merupakan sarana informasi dan interaksi terhadap berbagai topik-topik kepemiluan. Sehingga masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu.

“Saya minta jajaran pengawas selalu menjaga integritas dan kode prilaku sebagai penyelenggara pemilu. Itu penting dalam menjaga kepercayaan publik serta kualitas pemilu kedepan sebagai langkah awal mengawasi proses tahapan pemilu 2024,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Operasi Keselamatan Mahakam 2024 Telah Usai, Polres Bontang Jaring 129 Pengendara

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua KPU Kota Bontang Erwin, Anggota Bawaslu Kota Bontang, Panwaslu Kecamatan se-Kota Bontang, Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kota Bontang, perwakilan Polres Bontang, Kodim 0908, Kesbangpol, Satpol PP, Camat se-Kota Bontang dan Pengawas Partisipatif Kecamatan se-Kota Bontang. (mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img