spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gara-gara Pengetab BBM, Ruko di Balikpapan Terbakar Dini Hari

BALIKPAPAN – Warga yang melintas di Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur tiba-tiba heboh dengan kejadian terbakarnya satu unit sepeda motor di depan sebuah rumah toko (ruko), Sabtu (13/5/2023) sekitar pukul 01.30 WITA dini hari.

Diduga motor tersebut sedang melakukan pengetaban bahan bakar minyak (BBM) dari tangki ke sebuah penampungan Pomini milik ruko tersebut.

Saksi, Dimas, mengatakan bahwa saat proses pengetaban BBM dari sepeda motor ke penampungan Pomini, terjadi arus pendek yang menyebabkan munculnya percikan api.

“Habis itu, tiba-tiba motor terbakar. Api langsung besar,” ujarnya.

Akibat adanya BBM tersebut, ruko yang beralamat di RT 20 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, langsung terbakar.

“Pemilik motor langsung mendorongnya, tapi bensinnya tumpah, sehingga api semakin besar,” tambah Dimas.

Sementara itu, sang pemilik ruko, Hermansyah (35), berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan, ia mendapat bantuan dari salah satu perusahaan yang berada di seberang ruko tersebut. Namun, upaya pemadaman menjadi sia-sia karena Pomini dan ruko ikut terbakar.

BACA JUGA :  Buruan Ikuti Program SERBU AUTO2000! Beli Mobil Bisa Dapat Mobil

Petugas BPBD Kota Balikpapan tiba di lokasi kejadian setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, namun mereka tidak dapat langsung memadamkan api. Hal ini dikarenakan api merembet ke tiang listrik yang belum dipadamkan alirannya.

“Kita harus menunggu PLN memadamkan listrik terlebih dahulu. Jadi, ada jeda saat ingin memadamkannya,” ujar Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali.

Setelah itu, sekitar 4 unit mobil PMK dibantu dengan water cannon milik Polri berhasil memadamkan api. Api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih 40 menit.

“Dugaan sementara, api berasal dari kegiatan pengetaban BBM dari motor ke Pomini yang ada di ruko tersebut,” jelas Usman.

Usman Ali menambahkan bahwa dalam kejadian ini terdapat seorang korban yang mengalami luka bakar pada tangannya. “Ada satu orang yang mengalami luka bakar dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan,” tambahnya.

Saat ini, polisi telah memasang garis pembatas di ruko tersebut, dan penyelidikan terhadap kebakaran ini masih dalam penanganan pihak kepolisian. (Bom)

BACA JUGA :  Balikpapan Batal Tambah Sekolah Negeri, Inilah Alasannya
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img