spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fokus Sektor Pertanian dalam Arti Luas, Pemdes Tanjung Batu Gandeng Akademisi

TENGGARONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, terus mengoptimalkan potensi sektor pertanian dalam arti luas. Saat ini, mereka bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pihak ketiga sebagai investor.

Kepala Desa (Kades) Tanjung Batu, Husniansyah, menjelaskan bahwa sektor pertanian dalam arti luas yang dikembangkan bersama Kodim 0906/Kukar melalui program Sinergi Hijau Kodam VI/Mulawarman akan terus berlanjut. Desa Tanjung Batu memiliki lahan produktif yang luas yang dapat dimanfaatkan.

“Untuk mengoptimalkannya, kita tidak bisa melakukannya sendiri, tetapi harus melibatkan pihak ketiga, terutama investor,” ujar Husniansyah pada Kamis (25/5/2023).

Hal ini dikarenakan luas lahan produktif di Desa Tanjung Batu sangat besar, mencapai 460 hektar (ha), dan saat ini baru 60 ha yang telah dimanfaatkan.

Oleh karena itu, Husniansyah menyebut perlunya kajian khusus untuk merumuskan langkah-langkah yang jelas. Pemdes Tanjung Batu bekerja sama dengan akademisi dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan Institut Teknologi Kalimantan yang memiliki keahlian di bidang pertanian.

Terkait komoditas yang dikembangkan, Husniansyah menyebut fokus utama adalah pertanian padi sawah, tanaman hortikultura, dan perikanan. Namun, jika hasil kajian menunjukkan potensi yang lebih menjanjikan dalam perikanan, maka akan lebih banyak kolam ikan yang dibangun.

“Kami akan mengoptimalkan kelompok tani yang sudah sah terbentuk. Ada 9 kelompok tani dengan rata-rata anggota 25 orang,” tambahnya. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.2k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img