spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fokus Prestasi, Kutim Siap Dukung Kaltim di Pekan KTNA XVI

SAMARINDA – Suara kegiatan forum pertemuan atau tempat kegiatan belajar mengajar, lomba peragaan unjuk tangkas dan asah terampil, pertukaran informasi dan pengalaman antara petani-nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta, dan pemerintah dalam Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang siap digelar pada tahun 2023. Acara besar ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021, tetapi terpaksa ditunda karena pandemi COVID-19 yang berlangsung dari Maret 2020 hingga 2023. Penas KTNA XV tahun 2017 diadakan di Kota Aceh.

Setelah status pandemi dicabut, Penas KTNA akan digelar tahun ini dan direncanakan akan berlangsung pada 10-15 Juni 2023 mendatang di Lanud Sutan Sjahrir Tabing. Kegiatan Penas KTNA tahun ini akan mengambil tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Kontingen Kalimantan Timur siap untuk mencapai prestasi di Penas KTNA XVI di Kota Padang. Namun, persiapan yang matang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Persiapan Kalimantan Timur dan Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Balai Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kalimantan Timur di Ballroom Hotel Mercure, Senin (8/5/2023) kemarin.

BACA JUGA :  KPC Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban, PWI Kutim Turut Menerima

Rakor dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Ujang Rachmad, didampingi oleh Plh Kepala DPTPH Rini, Ketua KTNA Kalimantan Timur, Anwar, dan undangan lainnya. Sedangkan untuk Kutai Timur, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutai Timur, Dyah Ratnaningrum, beserta jajaran staf hadir dalam rapat tersebut.

Dalam laporannya, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Kalimantan Timur Ujang Rachmad mengatakan bahwa total ada 1.037 peserta dari kontingen Kalimantan Timur yang bersiap untuk berangkat menuju Padang.

“Para peserta Kaltim berasal dari perwakilan petani dan nelayan dari 10 kabupaten/kota mulai dari Mahulu, Kubar, Berau, Kutim, Bontang, Kukar, Samarinda, Balikpapan, PPU dan Paser. Mereka akan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi pameran, temu karya, temu teknologi, karya wirausaha, dan unjuk tangkas,” ujarnya.

Ujang pun menambahkan jika masing-masing pihak diminta siap dengan bidang tugas dan fungsi yang telah dilakukan pembagian oleh panitia, baik panitia di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota masing-masing.

Ia pun turut mengingatkan kepada semua peserta yang hadir dalam Rakor ini bahwa dalam kepesertaan Penas KTNA XVI Kota Padang, semua harus mengesampingkan ego sektor dan ego daerah.

BACA JUGA :  Audiensi Pemkab Kutim dan KASN, Sistem Merit Wajib untuk Ukur Kinerja

“Jadi yang ditonjolkan adalah kontingen Penas KTNA Kaltim agar berjalan lancar. Saya harap kontingen Kaltim bisa sukses dalam ajang ini untuk itu diperlukan kerja sama yang solid karena contoh saja jika peserta ada masalah bisa ditangani bersama. Jangan mengatakan saya dari dinas ini dan itu, semua adalah demi kemajuan sektor pertanian dalam arti luas, termasuk jangan merasa dari kabupaten ini dan kota itu, tapi semua atas nama kontingen Kaltim,” katanya.

Sementara itu, Ujang mengutarakan jika produk lokal maupun materi yang akan disajikan Kaltim dalam Penas KTNA XVI adalah pisang grecek, tepung mokaf, beras organik merah, beras organik putih, beras mayas, beras serai, gula aren, kopi, minyak merah sawit, sabun kecantikan dari sawit, lada malonan. Kemudian telur asin, keripik paru, minuman dari sarang burung walet, madu kelulut, produk olahan dari perikanan, dan turut dibawa perajin amplang dari rumput laut untuk melakukan praktik di gerai pameran di Padang.

Sementara itu, Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan jika Kutim siap mensupport kontingen Kaltim bisa menorehkan prestasi di Penas KTNA XVI di Kota Padang tahun ini.

BACA JUGA :  Ardiansyah Tinjau Pengerjaan Jalan Pedalaman, Progres 70 Persen

“Kutim akan membawa para petani dan nelayan terbaik yang sudah diseleksi untuk mengikuti sejumlah kegiatan. Jumlahnya ada 52 peserta utama. Sementara untuk tambahan yakni rombongan dari peninjau atau pendamping sebanyak 26 orang dan OPD terkait yang ikut berpartisipasi ada 52 orang. Jadi nanti ada rombongan dari Kutim totalnya ada 130 orang,”  terangnya.

Ia menambahkan dalam rapat tersebut disepakati bahwa pelepasan kontingen Kaltim oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dilaksanakan pada 8 Juni 2023 mendatang di Halaman Kantor Gubernur Kaltim terdiri dari peserta dari kontingen provinsi dan perwakilan kabupaten/kota. Tidak lupa, nantinya stan pameran Kaltim menggunakan tema yakni komoditas lokal Kaltim dalam mewujudkan kemandirian pangan ditambah desain latar ibu kota nusantara (IKN).

“Hal ini untuk menggambarkan keberhasilan pembangunan di Kaltim beserta dukungan pembagunan IKN. Selanjutnya juga memastikan keterlibatan seluruh peserta dari kabupaten/kota dalam setiap kegiatan seperti kegiatan temu dan tatap muka di Penas KTNA XVI di Kota Padang sehingga semua peserta dapat berperan aktif,” ulasnya.(Rkt1)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img