spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Festival Mahakam 2022 Dipastikan Lebih Menarik, Tak Hanya Tampilkan Seni-Budaya Hadiah Rp 100 Juta Menanti

SAMARINDA– Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisita (Disporapar) Samarinda, Muslimin mengatakan, Fesma 2022 yang akan digelar 1-6 November oleh Pemkot Samarinda akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Disebutkan, Fesma 2022 yang mengusung tema “Samarinda International Art Music, Sport Festival and Share Culture” akan dihadiri perwakilan dari sejumlah negara, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Hal ini juga termasuk dalam rangka mengenalkan budaya kita ke orang luar daerah ataupun luar negeri,” ucap Muslimin saat dikonfirmasi Senin (3/10/2022).

“Akan dihadiri perwakilan dari Ghana, India, Jepang, Uzbekistan, Thailand, dan Kepulauan Maldives. Masing-masing dari mereka, akan membawa 15 orang, dengan komposisi pemusik dan penari,” ungkapnya.

Sedangkan untuk provinsi, akan hadir delegasi dari DKI Jakarta, Makassar, dan Bengkulu, ditambah tim dari 9 kabupaten/kota di Kaltim.

Muslimin melanjutkan, Fesma 2022 konsisten menampilkan budaya nusantara, termasuk penampilan olahraga air seperti perahu naga dan jetski. “Khususnya, budaya khas Kota Samarinda dan seluruh budaya di Indonesia, akan ditampilkan,” sebutnya.

Tak hanya sajian menarik berupa kesenian, panitia Fesma 2022 telah menyiapkan hadiah Rp 100 juta untuk lomba lari 10K yang terbuka bagi para atlet dan pelajar.  “Kompetisi ini, sifatnya nasional,” terang Muslimin.

Sajian lain Fesma 2022 berupa lomba fashion hingga kuliner. “Ada lomba fashion show juga dengan menampilkan kreasi baju batik khas Samarinda. Lomba makanan dan jajanan khas Samarinda juga, ada lomba fotografi. Bahkan, ada lomba kreasi lampu hias. Ini khusus rumah warga di Samarinda Seberang yang menghadap ke Sungai Mahakam,” beber Muslimin.

Masyarakat yang ingin mengikuti seluruh kegiatan Fesma bisa mendaftar ke Sekretariat di Kantor Disporapar Samarinda, Jl Dahlia via online, mulai Senin (3/10/2022). Khusus pendaftaran online, hingga saat ini masih menunggu publikasi resmi dari Disporapar Samarinda. “Kita perkirakan sekitar 150 ribu peserta turut berpartisipasi dalam Fesma ini,” pungkasnya. (Vic)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti