spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fasilitas Kesehatan di RSUD Panglima Sebaya Segera Bertambah

PASER – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya bakal meningkatkan sarana dan prasarana untuk ruang rawat inap dengan menambah jumlah tempat tidur pasien dari, yang sebelumnya 214 tempat tidur menjadi 255 tempat tidur.

Petugas Pelaksana (Plt) Direktur RSUD Panglima Sebaya, dr. Kamal Anshari menyatakan, penambahan itu akan berlangsung pada 2024 ini yang diakomodir melalui APBD Kabupaten Paser.

“Bisa lebih banyak lagi, semoga bisa mencapai 280 tempat tidur di akhir 2024 nanti,” kata Kamal, Kamis (29/2/2024).

Langkah ini dilakukan lantaran rumah sakit ini telah naik status dan juga dalam mempersiapkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Kalimantan Timur (Kaltim) yang berlangsung di Kabupaten Paser sebagai tuan rumah pada 2026 mendatang.

“Dengan status ini, tentu kami sudah siap dalam menyukseskan Porprov Kaltim dalam hal pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Kamal menjelaskan, RSUD Panglima Sebaya kini memiliki tenaga medis yang profesional terdiri dari Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi 2 orang, Spesialis Bedah 3 orang, Spesialis Anestesi 3 orang, dan Spesialis Penyakit Dalam 4 orang.

Sedangkan dokter lainnya yakni spesialis paru 2 orang, spesialis rehabilitasi medik 1 orang dengan total keseluruhan 44 dokter spesialis. Ditambah dokter umum total 24 orang dan perawat dengan jumlah lebih dari 240 orang.

Selain itu, RSUD Panglima Sebaya juga memiliki fasilitas seperti Fisioterapis 7 orang, Ambulance 10 unit, Pelayanan Gawat Darurat 24 jam, Pelayanan Radiologi 24 jam, dan Pelayanan Operasi Darurat 24 jam. Dengan begitu, fasilitas dan tenaga medis yang ada hampir dinyatakan lengkap.

Belajar dari pengalaman pada penyelenggaraan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) XVI Provinsi Kaltim 2022 lalu. RSUD Panglima Sebaya tidak mengalami masalah dalam penganan kesehatan pada pelaksanaan saat itu.

“Insya Allah pelayanan kesehatan untuk Porprov VIII Kaltim mendatang mumpuni. Melihat pelaksanaan Popda kami tidak bermasalah dalam hal penanganan kesehatan, normal seperti biasa melayani pasien lain,” tutupnya.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img