spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Evaluasi SPBE 2024: Diskominfo Kaltim Fokus Tingkatkan Nilai Indeks Kinerja

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Aptika melaksanakan rapat Pra-Desk Pembahasan Indikator Pemantauan dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk tahun 2024 di Hotel Aston Samarinda, Queen Marry 2, Lantai 17, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Aptika, Denny Ruliansyah, Kepala Bidang Statistik M. Adrie Dirga Sagita, Kasubbag Perencanaan Ismawardi, Pranata Komputer Ahli Muda Eva Yuseva, beserta staf bidang terkait.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Edi Hermawanto Noor, saat memimpin rapat menjelaskan bahwa Pra-Desk Pembahasan Indikator Pemantauan dan Evaluasi SPBE tahun 2024 adalah upaya untuk meningkatkan kematangan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) sesuai dengan amanah Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

“Sebagai leading sektor, Dinas Komunikasi dan Informatika memegang peran penting dalam hal ini,” jelas Edi.

Rapat internal ini melibatkan lima bidang, yaitu Sekretariat, Aptika, TIK dan Persandian, Statistik, serta IKP dan Kehumasan.

Edi menyampaikan bahwa tujuan rapat ini adalah untuk mendiskusikan strategi dalam meningkatkan nilai indeks SPBE Kaltim untuk tahun 2024 dan 2025, yang merupakan indikator kinerja Gubernur Kaltim.

BACA JUGA :  Disdag Samarinda Akan Distribusikan 100 Ribu Liter Minyak Goreng

“Kita mengharapkan kolaborasi dari berbagai bidang terkait untuk memenuhi kuesioner pada indikator penilaian, tentunya melalui penilaian mandiri,” ujar Edi.

Sesuai dengan agenda yang disampaikan oleh Plt Kepala Bidang Aptika, rapat Pra-Desk Pembahasan Indikator Pemantauan dan Evaluasi SPBE untuk tahun 2024 akan dilanjutkan dengan mengundang beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim.

Rencana rapat selanjutnya akan dilaksanakan, Rabu 22 Mei 2024 hari ini. “Kami undang instansi terkait yang dapat mendongkrak nilai SPBE kita di tahun 2024 dan 2025,” tambah Edi.

Adapun instansi yang diundang antara lain: Inspektorat Kaltim, Bappeda Kaltim, BPKAD Kaltim, BKD Kaltim, BPSDM Kaltim, Disdikbud Kaltim, Dinkes, DPMPTSP Kaltim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim.

“Tentunya ada beberapa perangkat lain yang akan mendukung nilai SPBE kita yaitu Diskominfo Kaltim, RSUD AWS, RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, Biro Ortal, Biro Hukum dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Prov. Kaltim,” tambahnya.

Edi berharap setiap bidang Kominfo Kaltim dapat segera melakukan koordinasi internal serta melengkapi data dukung yang diperlukan oleh Bidang Aptika terkait indikator yang dapat mendongkrak nilai SPBE pada tahun 2024 dan 2025.

BACA JUGA :  Pembahasan RUU Kaltim, Gubernur Isran Sampaikan 3 Tuntutan Kaltim

Pra-Desk Pembahasan Indikator Pemantauan dan Evaluasi SPBE 2024 merupakan langkah awal yang krusial dalam menyusun indikator untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi SPBE di tahun mendatang.

Diharapkan, hasil dari Pra-Desk ini dapat menjadi landasan yang kuat dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. (adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img