spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Edgar, Siswa TK Salsabila Raih Juara 1 Nasional Video Kreatif  Rayakan Merdekamu

Bulan Agustus menjadi momentum yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Berbagai perlombaan dihelat pada momen kemerdekaan, seakan telah menjadi tradisi. Semua orang bersuka cita merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76.

Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak masyarakat merayakan kemerdekaan lewat lomba “Rayakan Merdekamu”. Melalui lomba virtual, Kemendikbudristek menggelorakan kembali gema kemerdekaan yang sempat redup akibat pandemi.

Salah satu yang menarik adalah Lomba Video Karya Kreatif Kebhinekaan untuk pelajar dari tingkat TK-SMA, Mahasiswa, Pendidik dan Masyarakat Umum.

Dalam sebuah video, seorang bocah laki-laki usia 5 tahun muncul dengan berpakaian adat khas Kalimantan Timur. Ia membacakan puisi dengan lantang dan berani penuh percaya diri berjudul Indonesiaku. Indonesia yang kaya dengan suku, budaya, berbeda tetapi tetap bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika.

Tidak lama, dalam video yang sama si bocah mengenakan berbagai pakaian adat Nusantara yang melambangkan beragamnya budaya di Indonesia. Di akhir video, bocah laki-laki bertubuh sehat ini berpekik semangat menyuarakan isi hatinya bahwa ia bangga menjadi anak Indonesia.

Video di atas adalah video lomba Rayakan Merdekamu nanda Andi Muhammad Edgar Jagatanegara, siswa TK Islam Kreatif Salsabila Bontang Kalimantan Timur (Kaltim), juga putra dari Bunda Nova serta cucu dari Bapak Maming dan Bunda Bahriah, yang akhirnya terpilih sebagai juara pertama.

Pengumuman pemenang untuk tingkat TK/Paud/TKLB sederajat ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim yang bertindak sebagai juri dan ditayangkan langsung melalui youtube Kemendikbud dan TVRI, pada Minggu (29/8/2021) malam.

Murid dari TK Islam Kreatif Salsabila Bontang ini berhasil menyisihkan finalis lainnya, Maria Gita Prayasti dari TK Fransiskus Pringsewu Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung dan David Sebastian dari TK Swasta Methodist-2 Medan Sumatra Utara. Penilaian berlangsung cukup ketat, karena total ada 9.299 video yang masuk ke panitia Rayakan Merdekamu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesan persatuan dalam video sosialisasi lomba yang diunggah di kanal YouTube Kemendikbud RI. “Mari membangun Indonesia tangguh dan tumbuh dengan merayakan kemerdekaan dalam belajar, berkarya, dan berbangsa. Sekarang adalah momen terbaik untuk kita memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bhineka,” tuturnya.

Pada kategori 1 sampai 6, masyarakat diajak untuk mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertema kebhinekaan. Peserta dapat menyanyikan lagu, membacakan puisi, menampilkan tarian, bercerita, berpantun, dan bentuk ekspresi lainnya.

Kategori 1 ditujukan kepada siswa TK/ PAUD/ TKLB dan sederajat; Kategori 2 dapat diikuti oleh siswa SD/ SDLB/Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) jenjang SD; Kategori 3 menyasar siswa SMP/ SMPLB/ SILN jenjang SMP dan sederajat; Kategori 4 dapat diikuti oleh siswa SMA/ SMK/ SMALB/ SMKLB/ SILN jenjang SMA dan sederajat; Kategori 5 dapat diikuti oleh mahasiswa/I; dan kategori 6 dapat diikuti oleh pelaku seni dan budaya/masyarakat umum.

Selain enam kategori tersebut, ada kategori 7 yang meliputi pendidik dan tenaga kependidikan, yang dapat berpartisipasi dalam lomba mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil mengajar dengan topik kebhinekaan.

Sementara di kategori 8, khusus diperuntukkan bagi wartawan untuk mengikuti lomba menulis artikel bertema kebhinekaan. Penjurian lomba dilakukan secara berjenjang. Juri-juri yang dilibatkan meliputi perwakilan Kemendikbudristek, sejumlah pakar, praktisi di bidangnya, tokoh, serta pelaku seni dan budaya, seperti Seto Mulyadi, Tasya Kamila, Dennis Adhiswara, Najeela Shihab, dan Purwacaraka.

Setelah penjurian, Kemendikbudristek  juga menghadirkan tayangan pemilihan juara pertama setiap kategori oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dan dua menteri lainnya, yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI dan TVRI, 29 Agustus 2021, kemarin malam. Karya-karya finalis juga dipamerkan dan dapat dinikmati di laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id mulai 17 – 31 Agustus 2021.

Akhirnya, selamat dan sukses untuk Nanda Edgar, terus berkarya dan menginspirasi anak-anak di Bontang serta Kaltim yang lainnya. Bahwa Pandemi Covid tidak menghalangi untuk berkarya. (**)

Catatan : Muthi’ Masfu’ah
(Direktur Pelaksana Harian Rumah Kreatif Salsabila, Penulis dan koordinator Abi Literasi Kaltim)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img