spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung Transparansi di Badan Pemerintah, Wawali Bontang Hadiri Monev Keterbukaan Informasi

BONTANG – Mendukung terwujudnya transparansi pemerintahan di Kota Bontang, Wakil Walikota Bontang Najirah menyambut dan membuka langsung kegiatan Visitasi Komisi Informasi (KI), Selasa (22/11/2022) siang di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Plt Diskominfo Jayadi Pulung, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Iskandar, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Taufiqurrakhman, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Ilham Wahyudi serta jajaran staf Diskominfo lainnya.

Visitasi yang dilakukan oleh komisi informasi kali ini, dalam rangka Monitoring Evaluasi (Monev) Kepatuhan Badan Publik Tingkat Kalimantan Timur (Kaltim). Dengan dipimpin oleh Komisioner Kaltim Erni Wahyuni, penilaian dari kegiatan monev itu nantinya akan menentukan peringkat Pemerintah Kota Bontang dalam hal keterbukaan Informasi Publik di wilayah Kalimantan Timur.

Dalam sambutan Wakil Walikota, Najirah menyampaikan bahwa pemerintah saat ini mendukung penuh akan terwujudnya transparansi informasi bagi setiap badan publik.

“Kami mendukung penuh penyelenggaraan informasi publik di Kota Bontang, dan dengan monev ini semoga Kota Bontang bisa meningkatkan kinerja badan publik dalam hal keterbukaan informasi publik. Sehingga segala kebijakan yang bisa berjalan dengan transparan dan akuntabel,” ucapnya.

BACA JUGA :  Pemkot Gelar Seminar Grand Desain Pembangunan Kependudukan

Ia juga menambahkan, pemerintah bersama Diskominfo Bontang menjadi yang pertama di wilayah Kaltim yang kini telah memasang wifi gratis di ratusan titik yang tersebar di Kota Bontang. Hal ini juga menjadi salah satu komponen yang menunjang akses keterbukaan informasi publik di Kota Taman.

Senada dengan itu, Erni dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas segala pencapaian yang dilakukan Kota Bontang dalam menunjang keterbukaan informasi publik. “Tidak hanya pertama dalam wifi gratis, tapi Kota Bontang juga yang pertama memiliki perda (peraturan daerah) tentang keterbukaan informasi publik. Ini adalah hal yang patut kita paresiasi bersama,” ujarnya.

Kota Bontang sendiri berhasil menyabet peringkat 1 keterbukaan informasi tingkat provinsi di tahun 2020, dan peringkat 2 di tahun 2021.

Setelah melalui beberapa tahapan, monev yang dilakukan oleh Komisi Informasi Kaltim itu merupakan penilaian sekaligus pemeringkatan terhadap 5 besar kota yang ada di Kaltim. Kota Bontang kini berhadapan dengan 4 kota lainnya untuk mendapatkan predikat ‘Terbaik I’. 4 daerah lainnya yang juga masuk dalam 5 besar kali ini diantaranya adalah Balikpapan, Samarinda, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara. (kmf_rose/adv)

BACA JUGA :  Serah Terima Jabatan Wali Kota dan Wawali Bontang 2016-2021, Basri Berharap Masukan dari Neni
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img