spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung Kreator Musik Pemula, Dispopar Bikin Pelatihan Komposisi Musik dan Lagu

BONTANG – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif (Ekraf) mengkomposisi karya musik dan lagu, Selasa (7/3/2023). Kegiatan ini bekerjasama dengan Studio Taman Musik yang bertempat di Jalan Gendang I, Kelurahan Bontang Baru.

Kegiatan ini berupa pelatihan bagaimana membuat sebuah lagu, mengaransemen, hingga memproduksinya menjadi sebuah lagu yang layak disajikan ke telinga penikmat musik. Menggunakan piranti-piranti musik digital, baik software mauapun hardware.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari sejak Selasa hingga Kamis (7-9/3/2023). Diikuti sebanyak 30 peserta yang terbagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Setiap harinya peserta belajar sejak pukul 09.00 wita hingga pukul 15.00 wita.

Ruslan, salahsatu instruktur di Studio Taman Musik menjelaskan, di materi membuat lagu peserta diajarkan bagaimana mengkomposisi lagu dan bagan-bagan aransemen sebuah lagu.

Sementara untuk materi produksi lagu, peserta diajarkan bagaimana mengaransemen lagu menggunakan software ataupun hardware musik digital.

“Kemampuan yang harus dimiliki peserta minimal bisa memainkan chord-chord dasar alat musik. Kalau vokalis setidaknya nyanyinya tidak fals,” ujarnya.

Sementara itu, Kadispopar Ahmad Aznem melalui Staf Jabatan Fungsional Adyatama Kepariwisataan & Ekraf, M Deddy Arianto mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas SDM pariwisata & Ekraf tingkat dasar dari Dispopar Bontang. Merupakan komitmen Pemkot Bontang pada sub sektor ekonomi kreatif musik.

“Anak-anak muda Kota Bontang potensial, produktif, dan berkreasi baik SDM dan prasaarananya. Dispopar tangkap peluang ini untuk dikembangkan. Agar jadi SDM yang memiliki karya-karya musik yang berkualitas nantinya,” ujar Dedy.

Pelatihan ini akan memberi panduan bagi kreator musik tingkat pemula, agar bisa membuat karya yang berkualitas. Diikuti pelaku ekonomi kreatif musik tingkat pelajar dan umum. (al)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img