spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dokter Spesialis Kejiwaan RSUD Bontang: Jangan Takut Berobat ke Klinik Psikiatri

BONTANG – RSUD Taman Husada Bontang memiliki klinik Psikiatri atau kejiwaan untuk melayani pasien dengan keluhan kesehatan kejiwaan atau mental.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Taman Husada Bontang, dr Dewi Maharni, M.Sc, Sp.KJ menjelaskan bahwa klinik psikiatri merupakan klinik untuk melayani konsultasi dan pengobatan dalam permasalahan kesehatan mental atau kesehatan jiwa.

Dalam proses alur pelayanannya, dr Dewi mengatakan sama seperti klinik lainnya dalam proses pendaftaran, ke poli klinik hingga pengambilan obat.

“Klinik psikiatri sendiri melayani semua gangguan mental baik gangguan ringan, sedang hingga gangguan jiwa berat,” kata dr Dewi Maharni, M.Sc, Sp.KJ, saat ditemui Mediakaltim.com, Kamis (9/11/2023).

Selanjutnya, dr Dewi mengatakan pada umumnya, pasien yang datang yakni pasien umum, pasien asuransi maupun pasien BPJS Kesehatan yang memerlukan bantuan konsultasi dan pengobatan masalah mental atau kejiwaan.

“Masih banyak stigma di luar sana yang menganggap apabila berobat ke dokter jiwa dianggap ‘gila’. Banyak sih yang mengalami gangguan jiwa ringan seperti gangguan tidur dan kecemasan, yang masih menolak untuk diperiksa,” ungkapnya.

Selain itu, dr Dewi mengatakan beberapa gangguan jiwa ringan, sedang dan berat memiliki beberapa gejala dan permasalahan masing-masing yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari.

“Gejalanya ada berbagai macam dalam mengganggu kehidupan sehari-hari yang juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan fisik. Pada gangguan jiwa berat seseorang bahkan sampai tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasinya. Bahkan juga mengalami halusinasi dan ilusi. Sehingga fungsi peran seseorang dalam kehidupan sehari-harinya menurun atau tidak berfungsi seperti sebelum mengalami gangguan,” jelasnya.

Dr Dewi pun mengatakan pasien yang datang berobat di klinik psikiatri ada yang diterapi dengan obat-obatan dan ada juga dilakukan psikoterapi. Pasien yang datang pun berasal dari pasien umum, pasien asuransi dan BPSJ Kesehatan yang bisa melayani 15 sampai 20 pasien setiap hari.

“Psikoterapi juga dilakukan pada pasien-pasien gangguan jiwa,” ungkapnya.

Klinik psikiatri juga diharapkan dapat menjadi pelayanan kejiwaan yang baik dengan memberikan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat.

“Harapannya masyarakat jangan lagi terstigma sehingga takut dan malu untuk berobat di klinik psikiatri atau kejiwaan,” imbuhnya. (adv/yah)

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img