spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DLH Bontang Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

BONTANG – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari, tidak hanya diramaikan dengan perayaan saja. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang telah mengaplikasikan dan mengajak seluruh masyarakat dalam aksi minim sampah plastik.

Pengurangan sampah plastik di Kota Bontang telah banyak dilaksanakan oleh beberapa toko ataupun UMKM yang tidak lagi menggunakan wadah plastik dalam penjualannya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Syakhruddin  mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan contoh pengurangan penggunaan sampah dalam kehidupan sehari-hari.

“Contohnya ini saya bawa botol minum sendiri, teman-teman DLH yang lain juga begitu,” terangnya saat ditemui di Seminar HPSN, Kamis (22/2/24).

Pengurangan sampah sekali pakai ini juga diterapkan dalam rapat maupun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh DLH. Dan hal itu sudah diwajibkan sekaligus menjadi percontohan untuk OPD lain.

Dari pantauan Radarbontang.com (Media Kaltim Group), seminar HPSN yang diselenggarakan DLH tersebut memberikan snack serta makan siang yang dibungkus dengan kotak dari kardus. Dalam kotak snack juga tidak ada botol minum kemasan, isi di kotak makan siang pun dibungkus dengan daun pisang.

BACA JUGA :  Siang Ini 11 Relawan Jalani Vaksinasi Covid-19, Ada Dandim dan Kapolres Bontang

“Tidak ada botol minum dalam snack, kami sudah sediakan galon, dan gelas kertas,” katanya.

Menurutnya, menerapkan kebiasaan kecil untuk mengurangi sampah plastik dan mengubah kebiasaan sehari-hari memang bukan hal yang mudah, Namun dia ingin mulai dari pemerintah hingga seluruh masyarakat dapat menjaga lingkungan tidak untuk esok hari saja, tapi juga untuk masa depan.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img