spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DKP Kukar Salurkan Rp 30 Miliar untuk Pengembangan Sektor Budidaya Ikan  

TENGGARONG- Pengembangan pertanian dalam arti luas, terus dikembangkan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Salah satunya di sektor perikanan yang dinilai sangat menjanjikan bagi Kukar.

Salah satu upayanya dengan mengalirkan bantuan untuk 124 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan). Total anggaran yang dikucurkan dari APBD Kukar 2022, mencapai Rp 30.346.013.000.

Bantuan yang disalurkan, menurut Kabid Pengelolaan dan Pembudidaya Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Sabar Handoyo, berupa benih (ikan dan udang), pakan ternak ikan hingga Keramba Jaring Apung (KJA).

Dengan rincian 39.937.600 ekor benih (ikan nila, lele, udang dan bandeng), 277.890 kilogram pakan, 360 unit KJA, serta beberapa item bantuan lainnya. Seperti rehab keramba, pembuatan pintu air, cool box dan lainnya.

“Yang menerima (Pokdakan) merupakan usulan dari tahun 2021,” kata Sabar Handoyo pada mediakaltim.com, Jumat (19/5/2022).

Sabar Handoyo menambahkan, bantuan senilai Rp 30,3 miliar tersebut terfokus pada kecamatan yang memang memiliki potensi tinggi di sektor pembudidayaan ikan. Sebut saja Tenggarong Seberang, Tenggarong, Anggana, Marangkayu, Muara Wis, Loa Kulu, Kota Bangun, Muara Muntai, Muara Kaman, Kenohan, Muara Jawa, Loa Janan, dan Muara Badak.

Bantuan ini diharapkan, mampu menjadikan Pokdakan di Kukar mandiri secara bertahap. Dapat mengembangkan potensi usaha mereka, dengan dimulai bantuan dari DKP Kukar, dengan catatan mampu mengelola bantuan secara tepat sasaran.

Dikatakannya, mereka yang mendapat bantuan dan bisa mengembangkannya dengan baik, diharapkan bisa menggulirkan lagi ke pembudidaya yang memang tidak mendapat bantuan.

“Seperti harapan Pak Bupati untuk mengembangkan pertanian dalam arti luas, salah satunya sektor perikanan,” tutup Sabar Handoyo. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...