spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DKP Kukar Latih Pokdakan Kelola Kolam Terpal dan Pakan Mandiri

TENGGARONG – Pemberdayaan masyarakat yang menyasar karang taruna dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara (DKP Kukar). Yakni, dengan pemberian pendampingan kepada kelompok pembudidaya ikan kecil di Kukar.

Pendampingan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan ini, menyasar 15 kecamatan di Kukar. Dengan total kegiatan yang disiapkan oleh DKP Kukar selama 2023, sebanyak 20 kegiatan. Salah satunya di Kecamatan Tenggarong yang digelar di Kelurahan Loa Ipuh dengan mengundang 40 peserta dari 7 kelurahan se-Tenggarong, pada Selasa (13/6/2023).

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Pembudidayaan Ikan DKP Kukar, Sabar Handoyo, pelatihan yang dilaksanakan berupa pembuatan kolam dari terpal. Termasuk pelatihan pembuatan pakan secara mandiri dan jamu atau suplemen herbal, untuk meningkatkan hasil produksi budidaya ikan.

“Karena (harga) bahan pakan semakin naik, kita berikan pelatihan pembuatan pakan mandiri. Kita ada praktiknya,” ungkap Sabar.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan inipun, memang menjadi yang perdana dilakukan oleh DKP Kukar. Sebagai salah satu program penunjang peningkatan kapasitas pembudidaya ikan di Kukar. Sementara untuk di Kelurahan Loa Ipuh ini, menjadi kegiatan ketiga. Sebelumnya terlaksana di Kecamatan Loa Janan dan Tenggarong Seberang.

BACA JUGA :  Tiga Bulan 2 Kursi DPRD Kukar Dibiarkan Kosong

Sebelumnya, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini ditandai dengan pelepasan bantuan ribuan bibit ikan lele di kolam terpal milik Pokdakan Taruna Loa Lemas oleh Kepala DKP Kukar, Muslik sebelum agenda pelatihan dan pendampingan dimulai. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img