spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Distanak Kukar Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Jelang Iduladha Aman

TENGGARONG – Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Kartanegara (Distanak Kukar), dipastikan kebutuhan hewan kurban pada Iduladha 1444 Hijriah, terpenuhi. Total ada 4 ribu hewan kurban sapi maupun kambing, yang akan disiapkan jelang Lebaran Haji tersebut.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman, mengatakan total 2.000-2.500 sapi kurban yang disiapkan dan 1.000 ekor kambing kurban untuk kebutuhan 20 kecamatan di Kukar.

“Kita jaga-jaga supaya kebutuhan itu bisa terpenuhi di dalam wilayah Kukar,” ungkap Aji Gazali, Senin (29/5/2023).

Mayoritas sapi didatangkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan di luar Iduladha 1444 Hijriah, NTT bisa sampai 3-4 kali menyuplai dalam sebulan untuk Kalimantan Timur (Kaltim). Karena sapi-sapi dari NTT dipastikan bebas wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). Lantaran daerah NTT memiliki kebijakan untuk mengisolasi sapi-sapi mereka, dari daerah luar.

Namun sebagai kewaspadaan jangka pendeknya, ketika masuk Kukar, sapi dari NTT akan disuntik vaksin dosis 1.

BACA JUGA :  DPMPTSP Kukar Targetkan Investasi Rp 10 Triliun, Masih Dikuasai Pertambangan

Sementara untuk sapi yang berasal dari Sulsel, dianggap aman karena sudah menyuntikkan vaksin wabah PMK hingga 3 kali dosis.

“Kita juga melarang masuk untuk mengantisipasi. Jadi kalau ada pedagang yang mau memasukkan sapi dari Jawa kita tidak akan rekomendasi, karena ada wabah LSD (Lumpy Skin Disease),” lanjutnya.

Aji Gazali melanjutkan, dari total 2.500 sapi kurban dan 1.500 kambing kurban, 60 persen pemenuhan dari sapi lokal Kukar. Hanya 40 persen sapi ataupun kambing kurban yang didatangkan dari luar, melalui pedagang-pedagang luar Kukar. Dikarenakan memang ada program penggemukan sapi kurban di beberapa kecamatan di Kukar.

“Insya Allah kebutuhan Kukar akan terpenuhi, kita cuma membatasi ternak dari Jawa,” tutupnya. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img