spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispopar Bontang Gelar Pelatihan Menulis Mengubah Dunia

Oleh: Muthi’ Masfu’ah AMd, CN NLp
Trainer dan Penulis Kaltim

Keterampilan literasi memiliki pengaruh penting bagi keberhasilan generasi muda. Keterampilan literasi yang baik akan membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis.

Dalam kehidupan, penguasaan literasi pada generasi muda sangat penting dalam mendukung kompetensi-kompetensi yang dimiliki. Kompetensi dapat saling mendukung apabila generasi muda dapat menguasailiterasi atau dapat diartikan generasi muda melek dan dapat memilah informasi yang dapat mendukung keberhasilan hidup mereka.

Seperti kita ketahui bahwa literasi menjadi kecakapan hidup yang menjadikan manusia berfungsi maksimal dalam masyarakat. Kecakapan hidup bersumber dari kemampuan memecahkan masalah melalui kegiatan berpikir kritis.

Selain itu, literasi juga menjadi refleksi penguasaan dan apresiasi budaya. Masyarakat yang berbudaya adalah masyarakat yang menanamkan nilai-nilai positif sebagai upaya aktualisasi dirinya.

Aktualisasi diri terbentuk melalui interpretasi, yaitu kegiatan mencari dan membangun makna kehidupan. Hal tersebut dapat dicapai melalui penguasaan literasi yang baik.

Untuk mengembangkan dunia kepenulisan, sebagai kepedulian yang begitu besar, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kota Bontang, devisi subsektor kepenulisan akan mengadakan kegiatan khusus untuk pelajar SLTP dan SLTA.

BACA JUGA :  Terjerat Kasus Ijazah Palsu, Kepala Desa Makarti Marangkayu Ditangkap

Kegiatan pelatihan penulisan ini sangat baik untuk pelajar sekaligus generasi muda kita untuk mendalami dunia literasi/tulisan guna lebih menggemilangkan potensi mereka. Untuk mengikuti kegiatan literasi ini para pelajar Bontang segera mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran dapat diisi di:

bit.ly/PelatihanMenulis2023SLTA (Jenjang SLTA) dan bit.ly/PelatihanMenulis2023SLTP (Jenjang SLTP)

Pelatihan kepenulisan ini menghadirkan 2 penulis Kota Bontang yakni saya sendiri, Muthi’ Masfuah A.Md, CN, NLP dan Sriningsih Hutomo S.Pd.

Kegiatan akan digelar tanggal 16-17 Mei 2023 Lokasi acara di Graha Pemuda, Kantor Dispopar Bontang. Jika pelajar Bontang mengikuti kegiatan ini bisa langsung menghubungi panitia yakni melalui Catur Setyorini (0813 4711 9290) atau Nurhaidah (0813 2004 4506) (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img