spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispar Kaltim Segera Gelar Festival Tiga Danau di Desa Semayang

SAMARINDA – Di Kalimantan Timur (Kaltim) masih banyak tempat wisata yang mampu memanjakan mata dengan keindahannya. Mulai dari keindahan hutannya, hingga panjangnya bantaran Sungai Mahakam.

Tak hanya itu, di Kaltim  juga terdapat 3 danau cantik yakni Danau Semayang, Danau Melintang, dan Danau Jempang. Eksotika danau yang menyejukan mata itu, bisa menjadi lokasi liburan keluarga dan komunitas untuk menyegarkan pikiran dan dokumentasi pribadi.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pariwisata, berupaya memperkenalkan objek wisata agar wisatawan domestik maupun mancanegara dapat berkunjung menikmati surga di timur borneo ini.

Sebagai perwujudannya, Dispar Kaltim akan  menggelar festival 3 danau di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) pada 30 September – 2 Oktober 2022, dengan lokasi puncak acara di Desa Semayang.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menyampaikan, keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) bisa menjadi magnet bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Kaltim menikmati keindahan objek wisatanya.

“Tentu Kaltim siap dengan segala aspek dan bidang sehingga bisa menjadikan festival 3 danau menjadi salah unggulan dalam pengembangan ekonomi,” ucap Eki, sapaanya, saat jumpa pers di Jalan Danau Semayang, Samarinda, Selasa (28/9/2022) malam.

BACA JUGA :  5 Rekomendasi Tempat Bukber Kaya Rasa menurut Lelaki Dapur

Ia mengatakan, dalam festival itu pihaknya telah berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dalam pengembangan sektor wisata.

“Kolaborasi sudah kami lakukan bersama Disdikbud Kaltim. Jadi selain menikmati indahnya 3 danau ini, wisatawan juga akan disuguhkan beberapa acara kebudayaan di Kaltim,” tambahnya.

Eki menuturkan, biaya yang dikeluarkan untuk berwisata ke pelosok desa tersebut tergolong terjangkau karena berikut menikmati kuliner khas masyarakat melayu (Kutai-Banjar) dan suku Dayak Kenyah yang mediami 3 danau tersebut.

Agar bisa kesana, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 600 ribu, jika pergi dengan grup dari arah Samarinda. “Untuk sendiri bisa murah. Apalagi kalau komunitas tambah murah. Cuma 600 ribu untuk bisa kesana sudah bisa nginap tiga hari. Akses menuju lokasi juga sudah tersedia,” terangnya.

Sementara, Kasi Pengembangan Ruang Kreasi Dispar Kaltim, Awang Khalik menuturkan, Festival 3 danau (Danau Semayang, Danau Jempang, dan Danau Melintang)  diadakan sebagai perwujudan visi-misi dari Gubernur Kaltim Isran Noor, untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

BACA JUGA :  Seorang Pria Dibacok Kaki dan Tangannya Gara-gara Percikan Air

“Tema Festival 3 Danau sebagai inspirasi untuk karya seni dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan di sekitar masyarakat 3 danau itu,” kata Awang.

Ia menambahkan, dipilihnya tema “Inspirasi untuk Karya Seni” lantaran dirinya menilai selama ini ketiga danau tersebut belum dieksplorasi hingga keluar daerah.

“Dengan adanya festival ini, kita mengenalkan 3 danau yang nantinya bisa dieksplor oleh wisatawan. Karena selama ini baru dokumentasi dan tari saja yang kita lakukan, belum ada karya yang terinsipirasi dari ketiga danau ini,” jelasnya.

“Kita harapkan dengan festival 3 danau ini perputaran ekonomi masyarakat di sana bisa bertambah,” pungkasnya. (Vic)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img