spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disbun Kaltim Harap Petugas PIP Memperbarui Informasi Pasar

BALIKPAPAN – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Pertemuan Petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) dari berbagai Kabupaten/Kota Komoditas Perkebunan Se-Kaltim Tahun 2023, yang digelar di Hotel Platinum pada, Kamis, 11 Mei 2023.

Mewakili Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Andi Siddik, mengatakan arah kebijakan pembangunan perkebunan yang tertuang dalam RPJMD Kaltim 2019-2023, salah satunya adalah peningkatan nilai tambah dan stabilitas harga di tingkat petani.

Dalam rangka mencapai hal tersebut, diperlukan pengembangan sistem pelayanan informasi pasar secara komprehensif dan peningkatan kapasitas SDM pengelola data dan informasi pasar melalui petugas PIP untuk menghadapi tantangan dan isu global terhadap pemasaran dan stabilitas harga komoditas perkebunan.

“Kita berharap di masa yang akan datang akan tumbuh teknologi informasi dan SDM pelayanan informasi pasar yang handal dan mampu menganalisa perkembangan harga komoditas perkebunan dengan memperhatikan isu-isu global saat ini,” tuturnya.

Untuk mengatasi permasalahan pengembangan pemasaran produk perkebunan unggulan, khususnya, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi serta diskusi intensif agar data dan informasi yang dikumpulkan dapat langsung dimanfaatkan oleh pelaku usaha perkebunan dan para petani/pekebun.

BACA JUGA :  BLT Kemensos Cair, 5.443 Warga Bontang Dapat Rp 500 Ribu

Pertemuan Petugas PIP ini diadakan untuk memastikan data dan informasi pasar yang dihasilkan oleh petugas PIP/APHP selalu diperbarui dan valid sebagai bahan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan, dengan adanya peningkatan kompetensi para petugasnya.

Selain itu, sistem informasi pasar produk perkebunan unggulan yang telah ada perlu dikelola dengan baik, cepat, tepat, dan berkelanjutan, serta penyajian data dan informasi yang telah diolah agar lebih mudah dipahami dan menarik bagi para pengguna informasi.

Tantangan pembangunan saat ini semakin kompleks dan menuntut adanya kemauan dan kerja keras bersama dari semua pelaku pembangunan, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Pertemuan ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 10 hingga 11 Mei 2023, dan dihadiri oleh dua narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, serta diikuti oleh 20 peserta Pembina dan Petugas PIP dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim. (Prb/ty/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img