spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dirut PLN Raih Penghargaan Male Executive of The Year Power Energy Awards

JAKARTA – Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meraih penghargaan ‘Male Executive of the Year’ pada ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia pada Selasa (14/11/2023). Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Darmawan melakukan transformasi digital di PLN serta mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Selain penghargaan tersebut, PLN juga meraih empat penghargaan lainnya antara lain Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Darmawan mengungkapkan penghargaan ini merupakan buah dari upaya transformasi PLN dalam menjawab tantangan global saat ini. Ia mengaku PLN melakukan digitalisasi mulai dari pembangkit, transmisi, pengadaan hingga pelayanan pelanggan.

“Saat ini, semuanya telah terintegrasi secara digital. Dulu, semua proses bisnis terfragmentasi, saat ini PLN jauh lebih kuat dan efisien. Sehingga kami bisa memberikan layanan pelanggan jauh lebih baik,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2023).

BACA JUGA :  PLN UIP KLT Pastikan Kelancaran Pembangunan Sistem Jaringan Kelistrikan di Ibu Kota Nusantara, GIS 4 IKN Menjawab Tantangan Listrik Smart

Ia menjelaskan PLN melakukan peningkatan pelayanan melalui SuperApp PLN Mobile. Inovasi ini menurutnya berhasil membuat proses bisnis yang kompleks menjadi sangat mudah dan cepat. Hal itu dibuktikan dengan aplikasi PLN mobile yang telah diunduh oleh 45 juta masyarakat.

“Saat saya cek 4 tahun yang lalu, aplikasi PLN mobile rating-nya 2,5, downloader-nya setengah juta dan 450.000 meng-uninstall aplikasinya. Kini, aplikasi PLN Mobile telah diunduh 45 juta masyarakat, ratingnya menunjukkan peningkatan dari 2,5 menjadi 4,9,” ungkapnya.

Meski begitu, Darmawan menyebut penghargaan ini tidak serta merta diraih karena kekuatannya sendiri. Menurutnya penghargaan ini ialah hasil kerja bersama 60 ribu pegawai dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perusahaan terhadap masyarakat.

“Penghargaan ini diberikan kepada 60 ribu pegawai PLN yang bekerja keras untuk memastikan tidak hanya PLN menjadi lebih kuat namun juga bagaimana kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Darmawan mengatakan upaya transformasi membuat PLN mampu bertahan di kala COVID-19. Bahkan pihaknya mencetak kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah.

BACA JUGA :  PLN Berhasil Energize Jaringan Tanjung Buka, Warga SP08 dan 09 Segera Nikmati Listrik PLN

“Selama masa Pandemi COVID-19, kami juga berhasil membukukan laporan keuangan terbaik dalam sejarah PLN selama dua tahun berturut-turut,” katanya.

Sementara itu, Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia Simon Hoare selaku penyelenggara acara penghargaan mengatakan ajang ini menjadi salah satu tonggak sejarah untuk memperkuat kolaborasi di sektor ketenagalistrikan. Ia menilai perjalanan menuju transisi energi membutuhkan kolaborasi berbagai pihak.

“Ini pertama kali agenda Enlit Asia untuk sektor ketenagalistrikan dan energi diselenggarakan di Indonesia. Acara ini adalah tonggak penting dalam mengubah ketersebaran menjadi kolaborasi yang kohesif di antara kita semua,” pungkas Simon. (rls/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img